Jakarta  (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) HA Muhaimin Iskandar mengharapkan para pemuda yang mengikuti kegiatan pelatihan media sosial (medsos) untuk menduplikasikan ilmu yang mereka dapat ke masyarakat di daerahnya masing-masing.

"Dunia maya merupakan kenyataan yang berkembang di luar kesadaran kita. Bahkan, dari segi pengguna Internet, jangkaun sosmed untuk menyapa masyarakat sangat cepat dan luas," katanya saat menutup acara pelatihan Media Sosial di Jakarta, Jumat (2/10).

Menurut Muhaimin, seluruh kader muda yang mengikuti kegiatan pelatihan medsos kali ini akan menjadi ujung tombak PKB di masa mendatang. Ia bisa membayangkan jika terjadi perang siber maka kader muda PKB dapat menandingi seluruh kekuatan cyber milik partai lain.

"Para pemuda yang mengikuti pelatihan tersebut menjadi tombak bagi partai juga negara. Selamat berjuang untuk para sahabat-sahabat, kalian pasukan terdepan perang cyber menjadi penumpang PKB, dan juga penumpang kekuatan bangsa dan negara," kata Muhaimian dalam keterangan resminya.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu menambahkan, dengan mengikuti seluruh kegiatan pelatihan ini maka PKB telah siap bersaing di dunia maya atau dunia sosmed.

"Insya Allah PKB tidak kalah dengan partai lain, minimal PKB masuk kelas menengah pada persoalan cyber. Memang itu tidak membanggakan, tapi tidak memalukan," katanya.

Pelatihan ini, ungkap Muhaimin, tidak hanya melatih cara membuat Twitter dan Facebook. Tapi bagaimana mengisi konten dalam dunia maya agar mampu mencuri perhatian publik.

"PKB dari dulu hingga sekarang konsistem melakukan tiga hal. Dan itu masih dilakukan sampai sekarang. Makanya pengisi konten harus cerdas, memiliki kepekaan sosial serta kreatif," katanya.

Ketiga hal itu, kata dia, pertama, PKB menyerap sekaligus membantu masyarakat. Mumpung PKB saat ini memiliki empat wakil di Pemerintahan maka masyarakat dapat menggunakan mereka untuk kepentingan masyarakat itu sendiri. Kedua, menyempurnakan sistem politik. Ketiga, memperjuangkan kemanusiaan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Medsos Lukman Jody menyambut baik pesan yang disampaikan Ketua Umum DPP PKB. "Pesan yang beliau sampaikan sangat mendalam. Kita harus terus menerus meningkatkan kualitas kita agar tidak kalah bersaing dengan kader partai lain dalam hal cyber," ujarnya.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015