London (ANTARA News) - Arsenal  menggulung Manchester United 3-0 dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-8 di Emirates, London, Minggu.

Arsenal yang unggul cepat dua gol pada tujuh menit pertama pertandingan dan memperbesarnya menjadi 3-0 saat turun minum sukses mempertahankan kedudukan hingga wasit Anthony Taylor meniup peluit akhir pertandingan.

Kemenangan itu sekaligus membawa Arsenal ke peringkat kedua klasemen dengan menggusur MU dari posisi itu karena meski kedua tim memiliki poin sama, 16 poin, tim asuhan Arsene Wenger unggul produktivitas gol.

Bintang Chile, Alexis Sanchez, jadi bintang kemenangan Arsenal dengan dua gol cantik yang ia lesakkan ke gawang David de Gea.

Sanchez membuka keunggulan pada menit 6 setelah menyambut umpan tarik Mesut Oezil dengan sentuhan tumit kaki kanannya, meninggalkan De Gea mati langkah, sementara bola mengalir deras ke dalam gawang.

Semenit berselang giliran Oezil yang mencetak gol, melalui skema umpan satu dua sentuhan dengan Theo Walcott, sebelum gelandang Jerman itu melepaskan tendangan terarah dari tengah kotak penalti.

Dua gol dalam kurun waktu dua menit itu memperlihatkan tuan rumah sukses memanfaatkan organisasi pertahanan rapuh tim asuhan Louis van Gaal.

Arsenal hanya membutuhkan waktu 12 menit untuk memperbesar keunggulan menjadi 3-0 saat Walcott mengirimkan umpan tajam kepada Sanchez yang menghindari jegalan Matteo Darmian di tepi kotak penalti demi melesakkan bola ke dalam gawang.

Usai turun minum, Van Gaal segera mengganti Memphis Depay dengan Marouane Fellaini dan Antonio Valencia dengan Matteo Darmian.

Apabila tujuan Van Gaal melakukan pergantian demi menghentikan hujan gol dari Pasukan Meriam, maka ia sukses.

Namun bila tujuan pelatih asal Belanda itu demi mengubah jalannya pertandingan dan berharap membalikkan keadaan, ia gagal karena kedudukan tetap 3-0 bagi tuan rumah saat dia harus bersalaman dengan Wenger di akhir pertandingan.

Berikut susunan pemain kedua tim seperti ditulis laman UEFA.

Arsenal (4-2-3-1): Petr Cech (PG); Hector Bellerin, Per Mertesacker, Gabriel Paulista, Nacho Monreal; Francis Coquelin, Santiago Cazorla; Aaron Ramsey, Mesut Oezil (Alex Oxlade-Chamberlain), Alexis Sanchez (Kieran Gibbs); Theo Walcott (Olivier Giroud)
Pelatih: Arsene Wenger

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea (PG); Matteo Darmian (Antonio Valencia), Chris Smalling, Daley Blind, Ashley Young; Michael Carrick, Bastian Schweinsteiger; Juan Mata (James Wilson), Wayne Rooney, Memphis Depay (Marouane Fellaini); Anthony Martial
Pelatih: Louis van Gaal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015