Berlin (ANTARA News) - Jurgen Klopp masih belum buka suara perihal rumor-rumor yang mengaitkan dirinya dengan lowongan pekerjaan dir Liverpool, di mana mantan arsitek tim Borussia Dortmund itu difavoritkan untuk menggantikan Brendan Rodgers.

Klopp berada di Leverkusen pada Senin untuk menghadiri konferensi kepelatihan dan menolak berkomentar kepada pewarta dari harian Jerman Bild, di mana media Inggris menjadikan pria 48 tahun itu sebagai favorit untuk menggantikan Rodgers, yang dipecat pada Minggu.

"Tidak ada yang perlu dikatakan, entah ini atau itu. Saya pulang sekarang," kata Klopp, yang beristirahat sejak mengundurkan diri dari Dortmund pada akhir musim lalu.

Mantan kapten Jerman Lothar Matthaeus mengatakan Klopp akan sangat cocok dengan Liverpool.

"Klopp dapat memimpin Liverpool kembali ke Eropa dan khususnya ke Liga Champions," kata Matthaeus pada Selasa.

"Ia merupakan pelatih emosional, Liverpool merupakan klub emosional -- ini akan menjadi pernikahan yang sempurna."

Mantan kiper Jerman Oliver Kahn mengatakan kemampuan berbahasa Inggris Klopp yang cukup baik membuatnya menjadi kandidat ideal untuk membangunkan sang raksasa tidur, namun hambatan bahasa masih dapat menjadi masalah, khususnya dengan kuatnya aksen Merseyside.

"Pertanyaannya selalu sedikit mengenai hambatan bahasa," kata Kahn.

"Dari sisi hal-hal teknis, tidak ada yang perlu dipikirkan."

"Saya tentu saja yakin ia tidak memiliki masalah besar dengan bahasa Inggris, namun terkadang, seperti saat memotivasi tim, terdapat idiom-idiom pada bahasa tim dan apakah ia telah memiliki idiom-idiom itu masih harus dinantikan," demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015