Washington (ANTARA News) - Para calon presiden Partai Republik dan pemimpin partai mereka mengkritik keras moderator debat dari CNBC yang menjadi tuan rumah debat calon presiden Rabu malam waktu AS. Salah satu pemimpin Republik, Senator Ted Cruz, bahkan menyebut ulah moderator itu sebagai salah satu alasan mengapa rakyat Amerika tidak mempercayai media.

Saat kesimpulan debat dua jam di Boulder, Colorado, Ketua Partai Republik Reince Priebus mencemok para moderator debat dan juga pertanyaan mereka. Tindakan Priebus ini tidak biasa dilakukan seorang pemimpin Partai Republik.

"Saya bangga pada para kandidat kita dan cara menghadapi debat malam ini, namun penampilan para moderator CNBC sungguh mengecewakan dan merugikan televisi mereka, kandidat-kandidat kita, dan pemilih," kata Priebus.

"Para kandidat kita yang berkualitas dan berbakat walaupun berbeda latar belakang telah secara luar biasa menyampaikan gagasan-gagasan mereka mengenai bagaimana menyegarkan perekonomian dan mengembalikan rakyat Amerika kembali bekerja kendati menghadapi pertanyaan yang disayangkan dari CNBC."

Pertanyaan-pertanyaan dalam debat bakal calon presiden kubu Republik sudah lama menjadi titik kritik partai ini.

Priebus sendiri sudah menciptakan aturan-aturan setelah Pemilu 2012 dalam upaya meningkatkan kualitas debat dengan menghadirkan moderator-moderator yang berminat membahas isu-isu konservatif.

Debat calon presiden Republik Rabu malam itu dimoderatori tiga awak CNBC --Becky Quick, John Harwood dan Carl Quintanilla--.  Para penonton berulang kali mengejek mereka dengan kadang-kadang malah dibarengi dengan dukungan kepada para kandidat.

"Banyak konservatif yang mendesak supaya keras terhadap media dan itulah yang sedang mereka lalukan," balas Harwood menjawab kritik kepadanya.

Dia berkilah bahwa moderator mesti mengajukan pertanyaan menggigit kepada para kandidat mengenai kebijakan ekonomi.

Ketiga moderator tak menoleransi para kandidat yang berusaha menyelip dan menyela jawaban kandidat lainnya, moderator langsung memotong omongan kandidat yang hendak menyela. Tindakan itu malah dicemooh penonton dan dikritik para kandidat.

Manajer kampanye Jeb Bush mengeluhkan produser CNBC dan kemudian reporter bahwa mantan gubernur Florida itu diberi waktu yang sedikit dari yang diharapkan mereka.

Ketika mantan gubernur Arkansas Mike Huckabee ditanyai apakah Donald Trump memiliki "otoritas moral" untuk menjadi presiden, penonton langsung menyoraki moderator.

"Sungguh pertanyaan yang jahat," balas Trump.

Cruz, senator dari Texas, adalah yang paling sengit mengkritik para moderator setelah mereka mengajukan pertanyaan soal anggaran.

"Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sejauh ini dalam debat ini melukiskan mengapa rakyat Amerika tidak mempercayai media. Ini bukan pertarungan di dalam sangkar. Coba perhatikan pertanyaan-pertanyaan 'Donald Trump, apakah Anda tokoh jahat dalam cerita komik?' 'Ben Carson, Anda bisa matematika enggak?'"

Dia menyatakan para moderator tidak berminat pada isu-isu konservatif.

"Beda dengan debat Demokrat di mana ada setiap pertanyaan menjilat dari media seperti 'Mana dari Anda yang lebih ganteng?", kata Cruz seperti dikutip Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015