West Palm Beach, Florida (ANTARA) - Tim kampanye Donald Trump memproyeksikan sang mantan presiden bisa secara resmi mendapatkan tiket calon presiden dari Partai Republik pada 19 Maret, kata seorang pejabat senior tim kampanye Trump pada Selasa.

Keyakinan tim sukses Trump itu mengingat dia unggul dalam jajak pendapat di negara-negara bagian yang menggelar pemungutan suara awal,

Mereka yakin pada saat itu Trump berada di jalur yang tepat untuk merebut 1.478 delegasi, berdasarkan gabungan jajak pendapat publik dan internal, kata sang pejabat yang meminta disebutkan sebagai sumber anonim yang mengetahui langkah kampanye Trump.

Jumlah delegasi tersebut sudah lebih dari cukup untuk memenangkan suara mayoritas dari total 2.429 delegasi yang akan memilih calon presiden dari partai itu pada Konvensi Nasional Partai Republik yang akan diadakan Juli tahun depan di Milwaukee.

Pada pemilihan pendahuluan calon presiden Partai Republik yang terakhir, pada 2016, Trump belum dinyatakan resmi memenangkan jumlah delegasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan tiket calon presiden dari partainya, hingga akhir Mei.

Trump konsisten unggul besar dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik menjelang pemilihan presiden 2024. Jajak pendapat Reuters/Ipsos pekan lalu menunjukkan 61 persen dari mereka yang mengaku Republiken menyatakan akan memilih mantan presiden itu pada pemilihan pendahuluan.
Baca juga: Biden ragu maju lagi dalam Pilpres 2024 jika tidak melawan Trump

Gubernur Florida Ron DeSantis dan mantan Gubernur Carolina Selatan Nikki Haley, yang merupakan kedua pesaing terdekat Trump, masing-masing didukung 11 persen pemilih yang mengaku Republiken.

Baik Haley maupun DeSantis mencatat kinerja yang jauh lebih baik dalam beberapa jajak pendapat tingkat negara bagian, meskipun keduanya tak mampu melewati Trump.

Baik tim kampanye DeSantis maupun Haley enggan mengomentari pernyataan sang pejabat kampanye Trump, kendati keduanya mengaku sedang bersaing dalam jangka panjang dan berpeluang bagus mengalahkan Trump.

Iowa memulai proses pencalonannya pada 15 Januari, yang delapan hari kemudian disusul pemilihan pendahuluan di New Hampshire. Tim kampanye Trump memproyeksikan calonnya akan memenangkan 19 dari total 40 delegasi Iowa, kata sang pejabat tim kampanye Trump.

Florida yang menjadi basis Trump dan DeSantis, termasuk di antara negara bagian yang akan menggelar pemilihan pendahuluan pada 19 Maret.
Baca juga: Biden serang Trump sebagai ancaman demokrasi

Pada akhir hari itu, 36 negara bagian dan teritori akan mengadakan pemilihan pendahuluan masing-masing, termasuk 16 negara bagian pada 5 Maret yang kerap disebut "Super Tuesday".

Pejabat tim kampanye Trump itu menyebutkan proyeksi kemenangan Trump tersebut hanyalah perkiraan, terutama karena belum adanya jajak pendapat yang dapat diandalkan di beberapa negara bagian dan teritori.

Pejabat itu mengungkapkan dalam keadaan paling baik, tim kampanye Trump yakin secara matematis mereka dapat menuntaskan pencalonan paling cepat tanggal 12 Maret, ketika para pemilih Partai Republik di negara bagian Washington, Georgia, dan sejumlah negara bagian lain memberikan suaranya.

Baca juga: Trump sebut tak akan jadi diktator, kecuali "hari pertama" presiden
Baca juga: Muslim AS luncurkan kampanye anti Biden jelang pemilu 2024

Sumber: Reuters

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023