Sarolangun, Jambi (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan Suku Anak Dalam di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, sekaligus memberikan bantuan bahan makanan dan paket "kartu sakti".

Presiden Jokowi tiba di Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Jumat, sekitar pukul 15.30 WIB dan meninggalkan wilayah itu sekitar pukul 17.15 WIB dengan menggunakan helikopter superpuma dari Bandara Sultan Thaha Syarifuddin Jambi.

"Tadi turun terus saya mau ketemu langsung dengan suku anak dalam. Karena juga beberapa kali saya baca mereka ada kesulitan-kesulitan, baik makanan maupun pemukiman. Ini tadi sudah kita tanya langsung apakah mau tinggal di rumah dan tidak muter nomaden lagi," kata Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden berdialog langsung dengan Tumenggung (kepala Suku Anak Dalam) Bukit Surban dengan cara berjongkok melingkar seperti kebiasaan mereka.

Jokowi didampingi seorang penerjemah Babinsa yang paham bahasa mereka.

"Mau, tapi dengan syarat-syarat rumahnya jaraknya agak jauh, lalu ada lahan. Sudah nanti disiapin, Bu Menhut sudah nyiapin, Pak Bupati, Pak Gubernur. Nanti yang mengenai rumahnya diurus Mensos," kata Jokowi.

Presiden mengaku sangat memperhatikan mereka karena merupakan bagian dari rakyat Indonesia.

Jokowi membagikan bantuan paket sembako dan paket kartu sakti terdiri dari Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera kepada masyarakat Suku Anak Dalam.

Jokowi tidak segan berinteraksi dengan masyarakat Suku Anak Dalam yang bahkan banyak di antaranya tidak mengenakan pakaian lengkap.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015