Jakarta (ANTARA News) - Kaskus merayakan ulang tahunnya yang ke-16, Jumat, dengan menggalang gerakan sosial "MAR16ERAK" dengan mengumpulkan donasi untuk korban bencana asap akibat kebakaran hutan.

Kaskus memanfaatkan penggunaan fitur terbarunya untuk mengajak Kaskuser berkontribusi mengumpulkan donasi. Fitur-fitur baru dalam aplikasi mobile Jual Beli yang diperkenalkan oleh Kaskus antara lain Verified Seller, rekening bersama Kaskus dengan sebutan BranKas, shipping system, merchant dashboard, feedback system dan juga resolution center.

"DNA Kaskus itu 'social commerce', jadi kami mau membuat kampanye sebesar-besarnya untuk bantu Indonesia terutama yang kena dampak asap dari kebakaran hutan," kata Chief Marketing Officer Kaskus Ronny W. Sugiadha, di Jakarta, Jumat.

"Tahun ini kami melakukan hal berbeda dengan memanfaatkan penggunaan fitur kami sebagai cara untuk mengajak Kaskuser berkontribusi mengumpulkan donasi bagi saudara-saudara di daerah yang menjadi korban polusi asap akibat kebakaran hutan," tambahnya.

Kaskus menyediakan lapak khusus artis yang menjual barang layak pakai dan seluruh penjualannya didonasikan untuk pembelian masker N95.

Artis yang sudah turut bergabung antara lain adalah Rio Dewanto, Rayi RAN, Daniel Mananta, Ronal Surapraja, Tieke Priyatna Kusuma, Danang dan Darto, Duo serigala, Sogi (Extravaganza), Ricky Harun, Intan Ayu, Cakra Khan, Anji, Ade Govinda, dan masih banyak lagi.

"Terimakasih Kaskus saya diajak bergabung karena ini untuk sosial, disuruh sumbang barang. Saya inget punya poster Super Junior yang bertanda tangan asli walau saya sayang banget sama poster ini tapi saya lebih sayang sama teman-teman yang kena bencana," kata Tieke yang dikenal sebagai penyiar radio itu.

Kaskuser dapat berpartisipasi dalam gerakan sosial "MAR16ERAK" yang akan dilaksanakan selama bulan November dan ikut mendonasikan bantuan melalui beberapa cara yakni, mengikuti Kaskus Online Bazar edisi spesial ulang tahun dan memebrikan tips pada BranKas,

Selain itu juga melalui kompetisi poster "Tunjukkan Kepedulian dengan Kreativitas" di Forum, registrasi Kaskus Plus, serta aktivasi #MAR16ERAK di media sosial.

"Untuk aktivitas di media sosial, setiap 10 hashtag #MAR16ERAK sama dengan satu paket sumbangan," jelas Ronny.

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015