Jakarta (ANTARA News) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta dari tanggal 10 hingga 12 November 2015 dengan mengambil tema "Memperkuat konsolidasi organisasi untuk meningkatkan peran MUI dalam melayani dan melindungi umat".

"Rakernas ini akan membahas berbagai masukan dan informasi aktual dalam rangka ikhtiar kolektif meningkatkan peran MUI di tengah kehidupan bangsa," kata Humas Panitia Rakernas MUI Usman Yatim kepada pers di Jakarta, Selasa.

Menurut Usman, Rakernas MUI 2015 merupakan tindak lanjut hasil Munas IX MUI pada 24-27 Agustus 2015 di Surabaya. Munas tersebut telah menghasilkan berbagai putusan, antara lain terbentuknya pimpinan harian MUI Pusat masa khidmat 2015-2020 dan Garis Besar Program Kerja MUI 2015-2020.

Sebelum pembukaan Munas, Ketua Umum MUI Pusat Dr KH Maruf Amin didampingi Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat Prof Dr M Din Syamsuddin secara khusus memberikan arahan kepada pengurus paripurna.

Selain untuk menyosialisasikan dan menjabarkan Garis Besar Program hasil Munas IX MUI dalam bentuk Program Kerja MUI Pusat 2015-2020, Rakernas juga diselenggarakan untuk mengonsolidasikan kepengurusan dan program kerja organisasi MUI secara nasional di berbagai bidang kegiatan.

Rakernas juga akan memberikan sumbangan pemikiran kepada umat Islam dan bangsa Indonesia, khususnya terkait pemberdayaan di bidang kemasyarakatan dan peningkatan pemahaman keagamaan.

"Acara ini nantinya akan mengeluarkan rekomendasi Rakernas MUI Tahun 2015," ujar Usman.

Menurut dia, Pimpinan Harian MUI Pusat telah menyusun kepengurusan di tingkat komisi-komisi MUI Pusat serta sedang menyusun kepengurusan lembaga-lembaga atau badan-badan yang ada di lingkungan MUI Pusat.

Penyusunan kepengurusan di komisi dan lembaga atau badan tersebut merupakan ikhtiar untuk melengkapi aspek sumber daya manusia (SDM) di lingkungan MUI Pusat agar pelaksanaan roda organisasi dan program kerja berjalan optimal.

MUI Pusat kemudian akan menjabarkan Garis Besar Program Kerja MUI 2015-2020 ke dalam rincian program kerja dan kegiatan selama masa khidmat 2015-2020.

Dengan adanya rincian program dan kegiatan itu Dewan Pimpinan MUI Pusat akan mempunyai panduan di tingkat yang lebih rinci dan operasional dalam menyelenggarakan roda organisasi dan melaksanakan program kerja selama lima tahun ke depan.

"Itu pula sebabnya Rakernas MUI 2015 ini dipandang sangat penting," kata Usman.

Pewarta: Aat Surya Safaat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015