Paris (ANTARA News) - Paris St Germain (PSG) mengambil langkah berikutnya menuju gelar Liga Prancis keempatnya secara beruntun ketika mereka mengalahkan tuan rumah Lorient dengan skor 2-1 pada Sabtu, di mana gol-gol kemenangan dibukukan oleh Hervin Ongenda dan Blaise Matuidi pada malam emosional delapan hari setelah serangan-serangan di Paris.

Tim ibukota itu telah mengumpulkan 38 angka dari 14 pertandingan dan unggul atas tim peringkat kedua Olympique Lyonnais, yang takluk 0-3 di markas Nice pada Jumat, sebesar 13 angka setelah kemenangan rutin ini.

Pencetak gol terbanyak di liga Benjamin Moukandjo mengurangi ketertinggalan timnya pada akhir pertandingan, ketika Lorient tetap menghuni peringkat ketujuh dengan 20 angka.

Terdapat acara pelepasan burung merpati dan mengheningkan cipta sebelum pertandingan dimulai untuk menghormati 130 korban serangan-serangan di Paris pekan lalu, di bar, restoran, gedung konser, dan stadion sepak bola.

"Prancis menderita namun tidak mati," bunyi salah satu spanduk di tribun di Stade du Moustoir Lorient, di mana pada penonton menyanyikan lagu kebangsaan Prancis.

La Marseillaise dimainkan di seluruh stadion di Prancis pada putaran pertama pertandingan-pertandingan Liga Prancis sejak terjadinya serangan-serangan mematikan di ibukota.

"Ini merupakan hasil bagus, kami berada di laju yang bagus," kata pelatih PSG Laurent Blanc. "Bahkan jika konteksnya tangguh, seperti yang Anda ketahui, kami dapat puas pada malam ini. Namun saya ingin segera kembali ke Paris dan berada dengan keluarga saya."

Dengan PSG nyaman di puncak klasemen liga, Laurent Blanc memberikan kesempatan kepada Ongenda untuk tampil sebagai pemain inti untuk pertama kalinya pada musim ini dan penyerang 20 tahun itu tidak mengecewakan saat Angel Di Maria, David Luiz, Marco Verratti, Javier Pastore, dan Ezequiel Lavezzi absen.

Ia memasukkan bola umpan silang gregory van der Wiel pada menit ke-26 untuk membawa tim tamu memimpin.

Ongenda kemudian memainkan operan satu-dua dengan Zlatan Ibrahimovic yang umpan silangnya kemudian dimasukkan Matuidi ke gawang pada menit ke-32.

Moukandjo melampaui Ibrahimovic untuk menjadi pencetak gol terbanyak, dengan mengukir gol kesepulunya musim ini dari umpan silang Romain Philippoteaux.

Di Korsika, pertandingan Bastia melawan Gazelec Ajaccio dibatalkan karena angin kencang dan akan dimainkan pada Minggu, demikian pernyataan Liga Prancis.

Monaco naik ke peringkat kelima dengan 23 angka, ketika gol pemain Kroasia Mario Pasalic pada babak pertama membawa mereka menang 1-0 atas tamunya Nantes.

Pada Minggu, Caen akan naik ke peringkat kedua jika mereka mengalahkan tamunya Angers, sebelum St Etienne menghadapi Olympique de Marseille pada pertandingan malam hari, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015