Jakarta (ANTARA News) - Analis hiburan terkemuka Amerika Serikat, The Hollywood Reporter (THR), memprediksi bahwa Star Wars: The Force Awakens garapan sutradara J.J. Abram bakal meraih Oscar 2016 untuk kategori paling bergengsi, "Film Terbaik".

"Film ini ekstra spesial," kata analis THR Scott Feinberg dalam lamannya.

Dia melanjutkan, film ini akan bersaing besar pada berbagai nominasi Oscar tahun depan.

"Mengapa? Karena orang di dalam dan di luar industri film sungguh ingin mencintai The Force  Awakens. Untuk itulah mengapa sangat ditunggu-tunggu," kata Feinberg.

Force Awakens dibintangi oleh tiga aktor dan aktris yang mengawali membintangi franchise ini, yakni Harrison Ford, Carrie Fisher dan Mark Hamill.

Mereka akan bermain dengan bintang-bintang masa kini seperti Oscar Isaac, John Boyega, Adam Driver, Lupita Nyong'o dan Daisy Ridley.

Star Wars yang pertama dirilis (Star Wars VI) pada 1977 saja langsung menggebrak Oscar.

Saat itu tidak hanya memenangi enam kategori termasuk penata artistik dan efek visual, namun juga dinominasikan untuk empat kategori utama, yakni film terbaik, sutradara terbaik, skenario asli terbaik dan pemeran pendukung pria terbaik.

Scott Feinberg yakin Force Awakens akan mengikuti jejak sukses tahun 1977 itu.

Bahkan dia yakin sutarada Force Awakens, J.J. Abrams akan menjadi salah satu nomine sutradara terbaik Oscar kali ini, demikian The Hollywood Reporter.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015