Selasa, 30 Mei 2017

Bengkel Sastra UNM pentas di Festival Sastra Islam

| 10.316 Views
Makassar (ANTARA News) - Bengkel Sastra Universitas Negeri Makassar (UNM) menyiapkan pementasan teater sebagai raangkain pelaksanaan Festival Sastra Islam Nasional (FSIN) di Sekolah Athirah Kajaolalido, Makassar, Sulsel, Kamis malam.

"Untuk hari ini ada empat agenda FSIN yang digelar termasuk pementasan teater oleh Bengkel Satsra UNM di Sekolah Athirah Kajaolalido malam ini pukul 20.00 WITA," kata Ketua Panitia FSIN 2015, Fitrawan Umar di Makassar, Kamis.

Penampilan Bengkel Sastra UNM ini, kata dia, tentunya akan lebih menarik karena telah mempersiapkan diri sejak awal untuk memeriahkan pelaksanaaan FSIN 2015 di Makassar.

Selaian penampilan teater, lanjut dia, juga ada tiga acara lain yang dilaksanakan di beberapa lokasi di antaranya diskusi buku "Metamorfosis Kura-Kura" yang menghadirkan penulisnya secara langsung yakni Edi Sutarto serta Rektor UNM.

Selanjutnya ada kegiatan workshop menulis travelling yang akan dipandu Rahmadiyanti Rusdi di Ballroom Lantai II Gedung Phinisi Universitas Negeri Makassar.

Begitupun dengan talkshow psikologi dan diskusi "Mencari Senyuman" yang akan dibawakan Sinta Yudisia selaku Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Pusat di SMAN 8 Makassar.

"Kami berharap kegiatan hari ini kembali mendapatkan respon positif dari masyarakat seperti halnya pada hari pertama. Untuk acara hari ini memang juga menarik karena akan mengupas beberapa karya terbaik," jelasnya.

Festival Sastra Islam Nasional 2015 yang pertama kalinya digelar di Kawasan Timur Indonesia ini dilaksanakan pada 16-19 Desember 2015.

Untuk pembukaannya resmi dilakukan pada Rabu dan diikuti sejumlah tokoh dan penulis terbaik di Indonesia termasuk Habiburrahman El Shirazy.

Dalam acara pembukaan itu juga digelar berbagai kegiatan termasuk launching dan bedah buku "Ayat-Ayat Cinta 2" yang penjualannya sukses menembus 10 ribuan eksemplar. Selanjutnya ada tausyiah dari Ust Ahmad Al Habsyi, dan pertunjukan musim dari siswa SMA Athirah.

Ketua Pembina FLP Makassar, Edi Sutarto, menyatakan FSIN 2015 ini memang akan menghadirkan sejumlah novelis ternama, kegiatan orasi budaya workshop penulisan, peluncuran buku dan bedah buku, pertunjukan seni hingga sayembara penulisan.

Untuk workshop penulisan, akan dilaksanakan di beberapa sekolah di Makassar dan sekitarnya. Begitupun dengan lomba cerpen juga tinggal menungu pengumuman resmi para pemenang.

Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar Pembaca
Baca Juga