Jakarta (ANTARA News) - Kereta rel listrik (KRL) atau "commuter line" rute Jakarta Kota - Tanjung Priok kembali beroperasi.

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah menyiapkan prasarana di lintas tersebut sehingga dapat kembali melayani KRL.

Kepala Humas PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunnisa di Jakarta, Senin, mengatakan setiap harinya akan ada enam perjalanan KRL di lintas Jakarta Kota - Tanjung Priok.

"Pada lintas tersebut hanya tiga stasiun yang akan melakukan pelayanan penumpang, di antaranya Jakarta Kota, Stasiun Kampung Bandan dan Stasiun Tanjung Priok," tuturnya.

Namun, dia mengatakan, untuk sementara waktu KRL akan melintas langsung di Stasiun Ancol. Stasiun tersebut belum dioperasikan karena saat ini masih dalam proses revitalisasi dan perpanjangan peron.

Eva mengatakan perjalanan dari stasiun Jakarta Kota menuju Tanjung Priok maupun sebaliknya akan ditempuh dalam waktu 20 menit.

Selain itu sarana pelayanan penumpang di Stasiun Tanjung Priok yaitu loket, pintu "e-ticketing", toilet, dan mushalla juga telah tersedia, termasuk petugas pelayanan, keamanan, maupun kebersihan.

"PT KCJ mengajak masyarakat memanfaatkan kehadiran kembali KRL sebagai salah satu pilihan transportasi publik dari dan ke kawasan Tanjung Priok dan sekitarnya," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga diimbau untuk ikut menjaga sarana dan prasarana perkeretaapian di lintas tersebut.

Dengan beroperasinya enam perjalanan KRL di lintas Jakarta Kota - Tanjung Priok, PT KCJ setiap harinya telah mengoperasikan 887 perjalanan di wilayah Jabodetabek.

Jadwal Perjalanan KRL Lintas Jakarta Kota - Tanjung Priok PP, keberangkatan Stasiun Jakarta Kota, di antaranya KA 2318 berangkat pukul 11.40 WIB, KA 2322 pukul 13.05 WIB dan KA 2326 berangkat pukul 14.25 WIB.

Sementara itu, keberangkatan dari Stasiun Tanjung Priok, KA 2319 pukul 12.30 WIB, KA 2323 pukul 13.55 WIB dan KA 2331 berangkat pukul 16.30 WIB.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015