Jakarta (ANTARA News) - Isu "Papa Minta Saham" terpilih sebagai topik paling panas sepanjang tahun 2015. Topik itu mengalahkan empat topik lainnya, yaitu pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri, gejolak rupiah, bencana asap, dan hukum mati terpidana narkoba.

Pendiri Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu, menyebutkan, akun sos-med DennyJA's World dan LSI setiap akhir tahun, dimulai tahun ini, akan memilih topik terpanas. Di tahun 2015, kasus isu "Papa Minta Saham" yang terpilih.

Denny mengatakan, kasus itu menyita perhatian dan implikasi politik praktis yang tak tertandingi oleh isu lainnya, karena secara politik, kasus itu membicarakan pemimpin tertinggi di eksekutif dan legislatif.

Selain itu, kasus yang diduga melibatkan pimpinan tertinggi legislatif ketua DPR dan bersidangnya Majelis Kehormatan Dewan. Ujung dari kasus ini juga mundurnya seorang ketua DPR yang tak pernah terjadi sepanjang sejarah politik Indonesia.

Kasus juga menjadi pembicaraan elemen masyarakat penting lain, seperti pengusaha, civil society ataupun demonstasi jalanan. Sekitar sebulan lebih lamanya kasus ini menjadi puncak perhatian tak tergantikan.

Dari sisi publikasi, kasus ini menjadi headline berkali-kali. Di dunia social media, iapun acapkali menjadi trending topics dan perdebatan emosional diantara netizen.

Tahun  2015, Denny JA’s World dan LSI memantau berbagai topik yang menjadi polemik di tengah masyarakat. Antuasisame masyarakat untuk mendiskusikan topik-topik tersebut  dapat dilihat dari banyaknya perbincangan baik di media massa maupun di media sosial.

Selama satu tahun, Denny JA’s World bekerjasama dengan LSI melakukan penilaian terhadap aneka topik terpanas yang menjadi bahan diskusi masyarakat luas. Berdasarkan sejumlah kriteria, diperoleh 5 (lima) topik paling panas selama tahun 2015.

1. Pencalonan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri(Januari – Februari 2015)
2. Hukum Mati Terpidana Kasus Narkoba (April-Mei 2015)
3. Gejolak Nilai Tukar Rupiah (Agustus 2015)
4. Bencana Asap Riau (Oktober 2015)
5. Kasus Papa Minta Saham (Desember 2015)

Dari daftar pendek 5 (lima) topik terpanas tersebut, Denny JA’s World dan LSI kembali melakukan FGD untuk menentukan "topic of the year". Melalui diskusi tersebut, diputuskan bahwa kasus  isu "Papa Minta Saham" menjadi isu yang paling penting tahun 2015.

Pewarta: -
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015