Saya fokus untuk 200 gaya punggung putra, sedangkan Fadlan di 1.500 gaya bebas putra. Mudah-mudahan latihan nanti saya bisa masuk limit
Bandung (ANTARA News) - Dua atlet renang andalan Jawa Barat pada PON XIX/2016, Ricky Anggawijaya dan A Fadlan Prawira akan berlatih di Paris, Prancis pada Februari hingga April 2016.

"Saya dan Fadlan dikirim Satlak Prima berlatih ke Prancis, rencananya akan berangkat awal Februari 2016," kata Ricky Anggawijaya di Bandung, Rabu.

Ricky dan Fadlan merupakan perenang yang diproyeksikan bersinar pada PON XIX/2016 di Jawa Barat. Keberangkatannya ke Prancis menurut dia dalam rangka persiapannya untuk bisa menembus limit waktu untuk berlaga di ajang Olimpiade 2016.

Selain Ricky dan Fadlan, seorang atlet Pelatda PON XIX/2016 Jabar lainnya Triadi juga akan berlatih di Australia bersama perenang jarak pendek lainnya Glen Victor Susanto dan Siman.

"Saya fokus untuk 200 gaya punggung putra, sedangkan Fadlan di 1.500 gaya bebas putra. Mudah-mudahan latihan nanti saya bisa masuk limit," kata Ricky yang juga mahasiswa Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) Bandung itu.

Menurut dia, selama hampir dua bulan berlatih di Prancis itu akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bisa meningkatkan penampilan. Saat ini catatan waktu terbaiknya pada nomor 200 meter gaya punggung putra itu dua menit 2,90 detik.

Persiapan telah dilakukan oleh Ricky, salah satunya melakukan test fisik dan kebugaran di Kemenpora pada Rabu (13/1).

"Hari ini saya tes VO2Max, fisik dan kelenturan di Kemenpora. Besok saya akan urus administrasi dengan dosen di kampus," katanya.

Namun demikian, tidak disebutkan kejuaraan apa saja yang akan diikuti selama berlatih di Prancis tersebut. Ia berharap bisa melakukan uji tanding dengan atlet-atlet kelas dunia di Eropa.

Keberangkatan ke luar negeri, kata Ricky merupakan peluang emas bagi dirinya untuk meningkatkan penampilan.

"Setelah berlatih di Prancis, April nanti, langsung bergabung dalam pemusatan latihan di Bali," katanya.

Selain untuk meningkatkan penampilan terkait Olimpiade, ia berharap latihan itu juga merupakan bagian persiapannya turun pada ajang PON XIX/2016 yang akan digelar Bulan September atau sebulan selepas Olimpiade.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016