Jakarta (ANTARA News) - Facebook sedang meluncurkan platform baru yang dinamai Facebook Sports Stadium, yang akan memberikan update real-time untuk games, postingan populer dari penggemar, statistik dan komentar dari pengamat.

"Dengan 650 juta penggemar olahraga, Facebook merupakan stadion terbesar di dunia," tulis Facebook, seperti dikutip dari Reuters.

Facebook tercatat memiliki rata-rata 1,01 miliar pengguna aktif harian per September 2015.

Layanan baru tersebut tampaknya sebagai upaya untuk menyaingi Twitter. Situs micro-blogging tersebut telah lama menjadi tujuan populer untuk yang disebut live-tweeting games.

Michael Aron Flicker, presiden XenoPsi, perusahaan pemasaran berbasis di New York, mengatakan bahwa fitur baru tersebut merupakan upaya Facebook dalam menangkap momen saat pertandingan.

"Mereka tidak memiliki bagian puzzle itu," kata Flicker. "Tantangan bagi Facebook adalah sudah ada banyak komunitas (seperti Facebook Sports Stadium). Ini bukan penawaran yang unik," tambah dia.

Facebook Sports Stadium saat ini hanya meliput pertandingan football di Amerika, dan akan muncul menjelang laga Super Bowl bulan depan, pada 7 Februari mendatang.

Meski demikian, ke depannya, Facebook mengatakan bahwa Facebook Sports Stadium akan mendukung olahraga lainnya, termasuk basket dan sepak bola.

Layanan tersebut juga dapat diakses untuk mencari game individu, demikian Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016