Madrid (ANTARA News) - Atletico Madrid gagal merebut posisi puncak klasemen Liga Spanyol dari Barcelona, ketika mereka ditahan imbang 0-0 oleh tamunya Sevilla pada Minggu, sebelum Real Madrid juga gagal mendulang hasil bagus ketika ditahan imbang 1-1 oleh tuan rumah Real Betis.

Alvaro Cejudo melepaskan sepakan voli spektakuler yang akan dibanggakan oleh pelatih baru Real Zinedine Zidane pada menit ketujuh, dan tim yang bermarkas di Seville itu mampu menahan juara Eropa kali tersebut sampai Karim Benzema menyamakan kedudukan 19 menit sebelum pertandingan usai, lapor Reuters.

Real, pada pertandingan tandang pertama Zidane sejak ia mengambil alih tim dari Rafa Benitez yang dipecat dan kehilangan Gareth Bale yang cedera, menggempur gawang tuan rumah pada fase akhir pertandingan namun mereka tidak mampu mendulang gol kemenangan.

Valencia masih didera masalah dengan hasil imbang 1-1 di markas Deportivo La Coruna, yang membuat pelatih Gary Neville sama sekali belum meraih kemenangan di Liga Spanyol sepanjang tujuh pertandingan sejak menduduki jabatan arsitek tim bulan lalu.

Atletico dan Barca masing-masing memiliki 48 angka dengan musim kompetisi yang telah berlangsung separuh jalan, namun sang juara bertahan, yang memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan dan akan menjamu Atletico pada akhir pekan mendatang, memimpin berkat keunggulan selisih gol. Real tertinggal empat angka dari kedua tim itu dan menghuni peringkat ketiga.

Hanya ada sedikit peluang antara Atletico dan Sevila untuk satu jam pertama di Calderon, di mana peluang terbaik gagal dimaksimalkan penyerang Antoine Griezmann ketika tandukannya mengenai tiang gawang pada menit ke-53.

Sevilla, yang berada di peringkat ketujuh, kembali mendapat masalah ketika gelandang Vitolo diusir keluar lapangan sekitar 30 menit sebelum pertandingan usai dan pelatih Unai Emery diusir dari bangku pemain cadangan karena memprotes keputusan itu.

Atletico menggempur gawang lawan untuk mencari gol kemenangan namun pertahanan sang juara Liga Europa tampil kokoh, kiper Sergio Rico melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan sepakan keras Gabi delapan menit sebelum pertandingan usai.

"Itulah sepak bola, bila tidak ingin masuk dan kami harus bekerja," kata gelandang Atletico Koke kepada televisi Spanyol.


Suara Lantang

Para penggemar Betis secara tipikal bersuara lantang di Stadion Benito Villamarin, dan gol Cejudo dari tepi kotak penalti, yang melesak ke sudut atas gawang melewati kiper Real Keylor Navas, menaikkan volume suara menjadi semakin tinggi.

Cristiano Ronaldo, Benzema, dan Pepe menyia-nyiakan peluang bagus sebelum James Rodriguez merangsek ke kotak penalti lawan dan menyodorkan bola kepada Benzema untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Kiper Betis Antonio Adan, mantan pemain Real, tampil bagus dan melakukan sejumlah penyelamatan gemilang untuk menggagalkan Rodriguez dan Benzema.

Valencia memerlukan gol Alvaro Negredo di markas Deportivo Stadion Riazor di Galicia untuk mengamankan satu angka.

Lucas Perez membawa tim tuan rumah memimpin pada menit ke-27 ketika ia mengecoh kiper Valencia Matthew Ryan, dan menggulirkan bola menuju gawang yang kosong.

Upaya Negredo membentur bagian atas mistar gawang melalui sepakan melengkungnya pada menit ke-80, sebelum ia menyamakan kedudukan pada menit ketiga masa tambahan waktu dengan sundulan kepala.

Valencia, yang terakhir kali menang di Liga Spanyol pada awal November, turun ke peringkat ke-11, tertinggal delapan angka dari zona kompetisi Eropa.

"Para penggemar menginginkan kemenangan dan saya berusaha keras untuk memberikannya kepada mereka," kata Neville pada konferensi pers.

"Saya tidak senang dengan hasil hari ini, hasil imbang tidak pernah membuat senang pelatih Valencia," tambah mantan bek Inggris dan Manchester United ini. "Apa yang saya banggakan adalah kami berjuang sampai akhir."

Eibar gagal mempertahankan keunggulan dan takluk 2-5 di markas rival Basquenya, Athletic Bilbao.

Eibar merupakan salah satu tim dengan skuat termurah di divisi teratas Spanyol, namun klub kecil itu telah beberapa kali merepotkan rival-rivalnya yang lebih besar, termasuk Bilbao yang sempat dikalahkan dengan skor 0-2 pada Agustus.

Kekalahan pada Minggu menghentikan laju empat kemenangan dan membuat mereka menghuni peringkat keenam.
(Uu.H-RF/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016