London (ANTARA News) - Kapten Phil Jagielka akan kembali masuk tim Everton untuk pertandingan semifinal Piala Liga Inggris melawan Manchester City pada Rabu, setelah ia diistirahatkan pada akhir pekan, namun dua gelandang Kevin Mirallas dan Muhamed Besic masih cedera.

Pemain internasional Belgia Mirallas mengalami cedera tendon saat timnya kalah 1-2 dari Swansea pada Minggu, sedangkan Besic terpaksa meninggalkan lapangan karena masalah otot paha belakang, namun pelatih Roberto Martinez mengharapkan Jagielka untuk menambahi kekokohan pada pertahanan Everton.

"Phil merupakan pemain yang sangat penting dan kami harus mengingat bahwa ia absen untuk kurun waktu yang panjang," kata Martinez kepada para pewarta pada Selasa.

"Ini merupakan peluang nyata bagi kami untuk memiliki Phil Jagieka yang telah kembali segar, dan bugar sepenuhnya untuk pertandingan besok."

Everton, yang menghuni peringkat ke-12 di klasemen, telah kemasukan 34 gol dari 23 pertandingan Liga Utama Inggris musim ini, dan kiper Tim Howard serta bek tengah John Stones sedang berada dalam pengawasan ketat seputar kebugaran mereka.

Martinez mengonfirmasi bahwa Howard tidak akan tampil, sedangkan Joel Robles, yang mengawal gawang untuk semua pertandingan Everton di ajang piala musim ini, akan mempertahankan tempatnya saat melawan City.

Sang pelatih juga menawarkan pertahanan kokoh kepada Stones, mengatakan ia memiliki potensi untuk menjadi pemain hebat sepanjang masa bagi negaranya.

"John masih berusia 21 (tahun). Ia memiliki potensi luar biasa namun ia masih merupakan seorang pemuda," kata Martinez.

"Apapun penilaian dari luar, kami menerimanya, itu adalah bagian dari permainan, namun saya pikir Stones berada di jalur yang tepat untuk memenuhi potensinya dan menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Inggris."

Everton melawat ke Stadion Etihad dengan bekal kemenangan 2-1 dari pertandingan leg pertama, dan Martinez berharap bahwa lolos ke final di Wembley akan membantu mengobati kekecewaan para penggemar dengan posisi buruk mereka di liga.

"Man City memiliki salah satu catatan kandang terbaik dan kami tahu itu adalah tantangan besar, namun kami ingin sukses dan kami akan memberikan semua yang kami miliki untuk berusaha dan menembus final," demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016