Melbourne (ANTARA News) - Johanna Konta menjadi wanita Inggris pertama yang mencapai semifinal Grand Slam sejak 1983 ketika mengakhiri laju petenis kualifikasi asal Tiongkok Zhang Shuai pada perempatfinal Australia Terbuka.

Konta yang kelahiran Sydney itu menghabisi Zhang dengan 6-4, 6-1 dan merancang pertemuan empat besar melawan unggulan ketujuh dari Jerman Angelique Kerber.

Kerber sendiri menumbangkan juara dua kali turnamen ini Victoria Azarenka 6-3, 7-5 di Rod Laver Arena.

Konta yang berusia 24 tahun yang menanjak sejak tahun lalu, tidak pernah maju lebih dari babak keempat Grand Slam namun kini menyamai rekan senegaranya Virginia Wade (1972) dan Sue Barker (1975 dan 1977) maju ke semifinal.

Pada debut Australia Terbukanya, dia juga menjadi putri Inggris pertama yang mencapai semifinal sebuah turnamen Grand Slam sejak Jo Durie melakukannya pada AS Terbuka 1983.

"Dia (Zang) tidak membuat langkah saya mudah. Saya senang. Saya bisa berjuang mendapatkan setiap poin. Saya sungguh menikmatinya," kata Konta.

Hari ini tahun lalu Konta berperingkat 147, namun kini dia berperingkat 100.

Dia menumbangkan unggulan delapan Venus Williams pada babak pertama dan sejak itu terus menanjak dan semakin perkasa kala dengan mudah mengalahkan Zhang, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016