Tangerang, Banten (ANTARA News) - Bendung Pintu Air Sepuluh, di Kota Tangerang, Banten, dilengkapi aplikasi Xmeye yang membantu petugas untuk memantau ketinggian air.

Aplikasi Xmeye menampilkan gambar secara visual di dalam layar monitor tentang ketingian air. Ada beberapa titik yang terpantau seperti ketinggian air di Pintu Air Pasar Baru, Batu Belah, Katulampa, Sawangan, serta Nusa Indah Depok.

Selama ini, pemantauan ketinggian air di sejumlah pintu air menggunakan radio pemancar. Namun, karena kerap terganggu dengan masalah satelit. Dengan aplikasi ini, maka akan mudah terpantau cepat melalui layar monitor bahkan ponsel.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, di Tangerang, Minggu, mengatakan, akan meminta kepada Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air untuk memanfaatkan aplikasi itu dalam memantau debit di setiap situ.

Dengan begitu, maka akan terpantau setiap terjadi penambahan ketinggian air dan berpotensi luapan ke pemukiman warga.

"Coba nanti digunakan untuk memantau ketinggian air di setiap situ sehingga bisa antisipasi dini dan terpantau," katanya.

Xmeye adalah video pemantauan perangkat lunak berbasis nterprocess Communication atau komunikasi antar proses untuk mengirim data dari satu proses ke proses yang lain.

Baik antar proses dalam satu komputer maupun proses dalam komputer yang berbeda serta untuk Digital Video Recorder (DVR) atau media penyimpanan rekaman CCTV untuk kamera analog ataupun kamera IP jenis kamera video digital yang biasa digunakan.

Untuk pemantauan keamanan dan dapat mengirim serta menerima data melalui jaringan komputer dan internet.

Dengan teknologi cloud, mudah login dengan nomor seri perangkat untuk menampilkan pemantauan video seketika ke ponsel android ataupun layar monitor.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016