Bukan tidak mungkin Freeport ada di dalamnya."
Palm Springs (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bukan tidak mungkin akan bertemu dengan petinggi Freeport dalam kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS), kata Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi.

Presiden Jokowi pada 17 Februari 2016 di San Francisco dijadwalkan menghadiri sekaligus menjadi pembicara utama (keynote speaker) pertemuan Dewan Bisnis Amerika Serikat-ASEAN (US-ABC), ujarnya di Palm Springs, Kalifornia, AS, Minggu malam waktu setempat (Senin WIB).

"Presiden akan menjadi keynote speaker untuk US-ABC di San Fransisco pada 17 Februari 2016 pagi. Di situ banyak sekali pemimpin perusahaan yang hadir," katanya.

Dengan demikian, menurut diplomat karir Kementerian Luar Negeri RI itu, bukan tidak mungkin petinggi Freeport juga akan hadir.

"Bukan tidak mungkin Freeport ada di dalamnya," katanya.

Namun, ia menegaskan, tidak ada pertemuan yang dikhususkan antara Presiden Jokowi dengan Freeport.

Retno mengemukakan, selama ini setiap kunjungan Presiden Jokowi ke AS hampir pasti dikaitkan dengan isu Freeport.

"Secara khusus tidak ada pertemuan dengan Freeport," kata Retno.

Selain menghadiri US-ABC, Presiden Jokowi juga akan berkunjung ke Lembah Silikon (Silicon Valley) sebagai pusat ekonomi kreatif produk teknologi informasi (information technology/IT) di AS.

Presiden Jokowi juga akan menggunakan kesempatan kunjungan ke AS kali ini untuk bertemu dengan diaspora Indonesia di San Fransisco yang jumlahnya cukup besar.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016