Sekitar 80 jiwa terdampak, 60 jiwa dari RT 005 dan 20 jiwa dari RT 006."
Jakarta (ANTARA News) - Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan berhasil memadamkan kebakaran rumah penduduk di RT 005 dan 006, RW 012, Kelurahan Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa.

"Api mulai menyala sekitar pukul 09.55 WIB dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.15 WIB," kata Kapolsek Tebet Kompol Nurdin AR ketika ditemui di lokasi kebakaran.

Kompol Nurdin belum mengetahui pasti penyebab terjadinya kebakaran. Namun, berdasarkan keterangan para saksi, sempat terdengar ledakan gas di salah satu rumah warga bernama Rizal sebelum api membesar.

"Rumah tersebut milik saudara Rizal, tapi dikontrakkan ke Monte. Anginnya kencang pada saat itu sehingga api mudah menyebar," kata dia.

Kepolisian Sektor Tebet akan memeriksa empat saksi terkait kebakaran ini, di antaranya Joe Sandy (ketua RT 005, Anton (warga), Rizal (pemilik rumah yang diduga asal sumber api), dan Monte (pengontrak rumah Rizal).

Kebakaran di Bukit Duri tersebut menyebabkan tujuh rumah semi permanen terbakar, di mana lima rumah berada di RT 005 dan dua rumah di RT 007.

Salah satu petugas dari Kelurahan Bukit Duri, Kamso, menyebutkan terdapat 25 kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran.

"Sekitar 80 jiwa terdampak, 60 jiwa dari RT 005 dan 20 jiwa dari RT 006," kata dia.

Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan tampak mengerahkan 15 mobil pemadam kebakaran di Jalan Bukit Duri, berdekatan dengan rel kereta api.

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016