Rio De Janeiro (ANTARA News) - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) memperingatkan bahwa wabah Zika kemungkinan akan memburuk sebelum negara-negara yang terkepung virus yang dikaitkan dengan ribuan kasus cacat lahir di Brasil itu mengalami perkembangan melegakan.

Direktur Jenderal WHO Margaret Chan pada Rabu (24/2) mengungkapkan hal tersebut pada penghujung kunjungan dua harinya ke Brasil, negara yang menjadi pusat krisis Zika.

"Keadaan bisa memburuk sebelum mereka membaik," kata Chan dalam konferensi pers di Rio de Janeiro.

"Jangan terkejut jika mikrosefali dilaporkan di bagian lain Brasil," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Sebelumnya wabah Zika di Brasil terkonsentrasi di wilayah timurlaut negara tersebut.

Masih banyak hal yang belum diketahui soal Zika, termasuk apakah virus itu benar-benar menjadi penyebab mikrosefali, kondisi yang ditandai dengan ukuran kepala terlalu kecil dan bisa menyebabkan masalah perkembangan.

Chan menggarisbawahi bahwa para ilmuwan masih berupaya menentukan hubungan antara virus itu dengan cacat lahir.

Brasil pekan ini menyatakan telah mengonfirmasi lebih dari 580 kasus mikrosefali, dan menduga kebanyakan di antaranya terkait dengan infeksi Zika pada ibu. Brasil menyelidiki lebih dari 4.100 kasus dugaan mikrosefali.

Setelah Brasil, Kolombia merupakan negara yang paling parah terdampak infeksi virus Zika dengan pejabat kesehatan negara itu pada Rabu melaporkan kasus dugaan mikrosefali yang mungkin terkait dengan Zika pada janin yang digugurkan.

Kolombia melaporkan lebih dari 37.000 kasus Zika termasuk 6.356 kasus pada perempuan hamil, namun belum ada konfirmasi kasus mikrosefali yang terkait dengan virus tersebut.

Setidaknya 34 negara, kebanyakan di Amerika, mengalami wabah Zika aktif dan virus tersebut diperkirakan akan terus menyebar.

WHO pada 1 Februari menyatakan wabah tersebut sebagai darurat kesehatan internasional, mengutip "dugaan kuat" kaitan antara infeksi Zika selama masa kehamilan dengan mikrosefali.

Para ilmuwan juga mempelajari potensi hubungan antara infeksi Zika dengan Guillain-Barre, gangguan syaraf langka yang bisa melemahkan otot dan menyebabkan kelumpuhan. (Uu.S022)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016