Kita akan bantu korban longsor di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur itu. Pertama akan dibantu pembersihan tanah longsor, nanti akan dibantu perbaikan rumahnya yang rusak terkena longsor,"
Purwakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, akan membantu perbaikan rumah beberapa korban longsor di Desa Cisalada untuk meringankan beban mereka yang rumahnya rusak akibat terkena longsoran tanah.

"Kita akan bantu korban longsor di Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur itu. Pertama akan dibantu pembersihan tanah longsor, nanti akan dibantu perbaikan rumahnya yang rusak terkena longsor," kata Bupati setempat Dedi Mulyadi, saat menerima korban longsor di Purwakarta. Rabu.

Beberapa waktu lalu atau pada Senin (7/3) dini hari, warga Kampung Cijenggot, Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta terkejut dengan terjadinya longsor di daerahnya.

Longsor itu sendiri menimpa beberapa rumah warga yang berada di daerah tersebut hingga mengalami kerusakan.

Menurut Dedi, longsor yang terjadi di Cisalada itu akibat adanya peralihan saluran air atau saluran pembuangan air. Kondisi tersebut mengakibatkan rembesan air saat hujan.

"Kami tidak ingin kejadian serupa terjadi lagi dialami warga Purwakarta, jadi nanti saluran air itu akan dilakukan normalisasi," katanya.

Bupati mengimbau agar warganya waspada selama musim hujan seperti saat ini, sebab sejumlah kecamatan di Purwakarta masuk kategori rawan longsor saat musim hujan.

Di antara sejumlah kecamatan di sekitar Purwakarta yang rawan longsor ialah Kecamatan Jatlihur, Tegalwaru, Maniis, Sukatani, Darangdan dan Kecamatan Plered.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016