Jakarta (ANTARA News) - Pemain kibor kelahiran Inggris Keith Emerson yang merupakan anggota band rock progresif "Emerson, Lake & Palmer" meninggal pekan ini pada usia 71 tahun, kata band tersebut Jumat waktu setempat.

Emerson meninggal pada Kamis di rumahnya di Santa Monica, California, menurut halaman Facebook band tersebut. Penyebab kematian tidak diumumkan.

Emerson yang lahir pada 1944 di Yorkshire, Todmorden, adalah pemain kibor bagi beberapa grup pada tahun 1960an, termasuk The Nice. Tetapi ia paling terkenal sebagai anggota pendiri Emerson, Lake & Palmer, yang kemudian disebut "super group" dari beberapa musisi rok terkenal yang terbentuk pada 1970.

Selain Emerson, anggota band tersebut termasuk pemain bass Greg Lake, sebelumnya King Crimson, dan pemain drum dan perkusi Carl Palmer, seorang veteran dari sejumlah band terkenal di Inggris.

"Keith adalah jiwa yang lembut yang cintanya pada musik dan semangat penampilannya sebagai pemain kibor akan tetap tidak tersamai dalam beberapa tahun mendatang," kata mantan rekan satu bandnya Carl Palmer pada lamannya.

"Ia seorang pelopor dan inovator musik jenius menyentuh kita semua di dunia rock, klasik dan jazz."

Band tersebut merilis sembilan album studio selama tahun 1970an, termasuk "Tarkus," yang dirilis pada 1971, yang menurut Billboard.com, mencapai posisi puncak pada Billboard 200 chart.

Emerson belakangan bekerja sebagai artis tunggal dan menulis autobiografi, "Pictures of an Exhibitionist," pada 2004, demikian Reuters.

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016