... bukan cuma norma, haluan negara juga perlu diciptakan secara komprehensif sehingga tidak hanya bermanfaat bagi satu bidang saja...
Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR, Zulkifli Hasan, mengungkapkan, demokrasi di Indonesia yang berkembang saat ini sudah seperti pasar bebas, sehingga memerlukan norma. 

Seperti dalam keterangan tertulis MPR, Jumat ini, dia mengatakan, demokrasi seperti itulah, yang menguntungkan para elit. Oleh karena itu, diperlukan norma yang harus disepakati bersama.

Namun bukan cuma norma, haluan negara juga perlu diciptakan secara komprehensif sehingga tidak hanya bermanfaat bagi satu bidang saja. Di hadapan ratusan blogger yang berkumpul di Yogyakarta, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu memaparkan bahwa dalam era reformasi ini ada sisi positif ada pula sisi yang dirasa tidak sesuai dengan harapan.

Diungkapkan kepada para blogger, dia pernah menemui kelompok masyarakat yang menyatakan bahwa amandemen yang dilakukan oleh MPR telah menyimpang dari tujuan para pendiri bangsa sehingga perlu perubahan.

Namun, adapula yang menyebut tak perlu perubahan, karena UUD setelah amandemen sudah bagus. Dalam kesempatan itu, dia menyoroti masalah sosial budaya kita tak bisa bebas semaunya. Ditegaskan bahwa kita jangan sampai disamakan dengan Barat. 

Sebab Barat itu kultur, bahasa, dan agama sama sedang Indonesia berbeda dan beragam. Hasan mengutip pendapat bahwa Indonesia tak ingin ikut ideologi Blok Barat dan Blok Timur namun Indonesia memiliki ideologi sendiri, Pancasila.

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016