Padang (ANTARA News) - Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan salah satu perwira tinggi negara peserta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2016 yang dilaksanakan di Sumatera Barat telah menanyakan perihal makanan khas daerah itu yaitu rendang.

"Ada perwira tinggi yang menanyakan rendang dan ia mengatakan ingin menikmati rendang yang benar-benar langsung diracik oleh masyarakat asli Sumatera Barat," kata dia dalam acara sambutan yang digelar oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di Padang, Rabu malam.

Ia menyebutkan itu sebagai bukti bahwa kuliner Indonesia khususnya Sumatera Barat sudah menjadi perbincangan hangat negara-negara luar.

"Selain menjalin kemitraan antar negara peserta, kegiatan ini harus dimanfaatkan dengan serius sehingga akan berdampak kepada warga Sumatera Barat baik pada saat kegiatan atau usai kegiatan," ucapnya.

Ia mengatakan usai kegiatan ini bisa saja warga negara luar yang mengikuti kegiatan kembali berkunjung dengan status sebagai wisatawan karena mereka terpesona dengan kuliner, keindahan alam dan keramahtamahan warga Sumatera Barat.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan hal serupa bahwa kegiatan MNEK 2016 yang dilaksanakan pada 12 hingga 16 akan membawa dampak positif bagi daerah itu.

"Dari informasi yang saya dapat beberapa hotel berbintang di Kota Padang hampir semua kamarnya sudah di pesan menjelang kegiatan MNEK 2016," katanya.

Sehingga, kata dia ada beberapa tamu yang akhirnya mau tidak mau harus memesan kamar hotel yang tidak sesuai dengan seleranya.

"Inikan jelas memberi efek positif dan kami berharap event-event besar seperti MNEK 2016 bisa kembali digelar di Sumatera Barat," ucapnya.

Sebelumnya, Komandan Satgas MNEK 2016, Laksamana Pertama TSNB Hutabarat mengatakan sudah ada 22 kapal dari 16 negara yang sudah memastikan ikut, jumlah tersebut akan bertambah seiring dengan semua persiapan yang dilakukan.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016