Bangkalan, Jawa Timur (ANTARA News) - Sebanyak 17 unit mobil polisi diterjunkan membantu pendistribusian naskah soal Ujian Nasional (UN) 2016 tingkat SLTA, di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan, Moh Muhni, di Bangkalan, Sabtu, mereka sengaja meminta bantuan mobil operasional polisi, agar pendistribusian naskah soal UN lebih aman.

"Selain lebih aman, mobil operasional polisi itu kan lebih tangguh, bisa masuk ke medan yang sulit juga," katanya.

Muhni menjelaskan, jumlah naskah soal UN yang didistribusikan Sabtu (2/4) itu sebanyak 247 kotak.

Perinciannya, sebanyak 163 kotak untuk naskah soal SMA, 39 kotak untuk SMK, 29 kotak untuk Paket C, dan empat kotak untuk ujian susulan.

Pendistribusian dimulai dari polsek-polsek terjauh, di antaranya Polsek Tanjung Bumi, Polsek Blega, Modung, Kokop, dan Polsek Konang.

"Di Markas Polsek, naskah soal dijaga selama 24 jam oleh petugas dan panitia pelaksana UN," terang Mohni.

Total jumlah peserta UN di Kabupaten Bangkalan kali ini sebanyak 24.749 siswa SMP/MTs, SMA, MA dan yang sederajat akan mengikuti ujian nasional.

"Khusus peserta ujian nasional SMA/SMK/MA sebanyak 9.320 siswa, terdiri dari 4.086 siswa SMA, 2.919 siswa SMK, dan 2.315 siswa MA. Mereka berasal dari 56 SMA, 57 MA, dan 46 SMK," kata Mohni menjelaskan.

Kepala Polres Bangkalan, AKBP Windiyanto Pratomo, menjelaskan, secara umum pelaksanaan distribusi UN dari Mapolres ke masing-masing polsek jajaran Sabtu (2/4) berjalan lancar dan aman. 

Pewarta: Abdul Aziz
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016