Mudah-mudahan saya bisa turun di nomor lari jarak jauh ini, karena untuk menjadi pelari maraton membutuhkan proses latihan yang panjang
Semarang (ANTARA News) - Pelari nasional Agus Prayogo kemungkinan bakal turun pada nomor lari maraton (42,195 kilometer) saat membela Indonesia pada SEA Games 2017 Malaysia.

Agus Prayogo ketika dihubungi dari Semarang, Jawa Tengah, Rabu, mengatakan, selama menjalani pelatnas di Bandung, Jawa Barat, ia lebih banyak berlatih untuk nomor maraton.

"Mudah-mudahan saya bisa turun di nomor lari jarak jauh ini, karena untuk menjadi pelari maraton membutuhkan proses latihan yang panjang," kata pelari asal Kota Magelang, Jateng, tersebut.

Padahal selama keikutsertaannya pada pesta olahraga multieven antarnegara Asia Tenggara ini, Agus Prayogo selalu turun pada nomor lari 5.000 dan 10 ribu meter. Bahkan, dari dua nomor ini ia bisa menyumbangkan dua medali emas saat tampil pada SEA Games 2011 di Indonesia.

Kemudian, pada SEA Games 2009 Laos hanya meraih satu emas di nomor lari 10 ribu meter, pada SEA Games 2013 Myanmar meraih medali perunggu, demikian saat SEA Games 2015 Singapura meraih emas dari nomor lari 5.000 meter.

Tetapi, nomor lari maraton ini juga bukan sesuatu yang baru bagi Agus Prayogo, karena ia pernah menjadi juara dalam Jakarta Maraton 2014 dengan catatan waktu 2 jam 32 menit, dan menempati posisi ke-62 lomba lari maraton di Jepang 2016 dengan catatan waktu 2 jam 23 menit 4 detik.

Bahkan, saat membela tuan rumah Jawa Barat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX September 2016, Agus Prayogo juga bakal turun pada tiga nomor yaitu lari 5.000 meter, 10 ribu meter, dan maraton.

Ketika ditanya rencana uji coba bagi atlet pelatnas yang dipersiapkan tampil pada SEA Games 2017, Agus Prayogo yang juga prajurit TNI AD Kodam III/Siliwangi tersebut mengatakan rencananya akan tampil pada perlombaan atletik Singapura Terbuka Mei mendatang.

"Saya belum tahu nama-nama atlet pelatnas yang bakal tampil pada ajang di Singapura mendatang, tetapi kemungkinan besar saya akan turun di Singapura," ujar suami dari Herlina Dewi Adhika ini.

Menurut dia, pada perlombaan atletik Singapura Terbuka mendatang dirinya hanya turun pada nomor lari 10 ribu meter saja, sebagai ajang uji coba untuk mengetahui hasil latihan selama ini.

"Target saya adalah juara untuk nomor lari 10 ribu meter dan tentu saja dengan catatan waktu yang bagus," ucapnya, menegaskan.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016