Solo (ANTARA News) - Hasil pengundian menempatkan Persis Solo berada di Grup 3 dalam kompetisi sepakbola Indonesia Soccer Championship (ISC) Seri B 2016 yang bakal dimulai 30 April mendatang.

"Persis masuk Grup 3 ISC bersama Persibangga Purbalingga, Persip Pekalongan, Persibas Banyumas, PSGC Ciamis, Persika Karawang, PSCS Cilacap." kata Direktur Olahraga PT Persis Solo Saestu, Totok Supriyanto, di Solo, Rabu.

Menurut Totok Supriyanto acara pengundian grup ISC B dilakukan di Kuningan, Jakarta, pada Selasa (19/4) malam, dihadiri sebanyak 53 klub peserta yang terbagi dalam delapan grup.

Totok mengatakan Persis pada Grup 3 pesertanya salah satunya tim-tim yang akan bersaing ketat, karena mereka sama-sama sudah bersiap cukup untuk terjun ke kompetisi ini.

"Timya akan waspadai PSGC Ciamis dan PSCS Cilacapag dinilai memiliki bayak pemain berpegalama dan persiapan tim sudah matang," kata Totok.

Namun, Totok tetap optimistis timnya bisa lolos masuk ke babak 16 besar ISC. Ada dua peserta yang medapatka tiket ke babak 16 besar setiap grup.

Pada pembagian Grup ISC B 2016, kata dia, Grup 1 terdiri dari Persiraja Banda Aceh, PSBL Langsa, PSPS Pekanbaru, PSMS Medan, PS Bangka, Bintang Jaya, dan Persebo Bondowoso, sedangkan Grup 2, Persires Rengat, Persita Tangerang, Cilegon United, Persikabo Bogor, Persikad Depok, Perserang Serang, dan PS Bengkulu.

Menyinggung soal tempat pertandingan pada babak penyisihan grup ISC, Totok mengatakan ada lima klub yang mengajukan kepada penyelenggara menjadi tuan rumah pada pertadingan pembuka itu.

"Lima klub yang siap menjadi tuan rumah itu, yakni Persiraja Banda Aceh, PSGC Ciamis, PSCS Cilacap, PSS Sleman dan Persis Solo," katanya.

Selain itu, kata dia, pada peserta atau klub yang mengikuti ISC B pelatih kepala harus mempunyai lisensi B nasional. Persis yang kini ditangani oleh Pelatih Agung Setyobudi baru memegang lisensi C, sehingga timnya harus mencari pelatih baru dengan lisensi B.

"Kami secepatnya mencari pelatih kepala baru, sedangkan Agung Setyobudi menjadi asisten pelatih, bersama Pipit Yulianto (asisten pelatih fisik) dan Komang Putra (asisten pelatih kiper)," katanya.

Oleh karena itu, Persis kini ada sebanyak 19 pemain termasuk dua kiper tersebut diharapkan dengan pelatih baru nanti harus siap menghadapi persaingan ketat dari semua peserta Grup 3.

"Kami tetap menilai semua tim di Grup 3 memiliki kekuatan yang sama, sehingga pemainnya bisa tampil maksimal pada setiap pertandingan di babak penyisihan grup," katanya

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016