Banten (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menggelar Dialog Kebangsaan bersama kepala desa se-Kabupaten Serang, Banten, dalam rangka Safari Kebangsaan Marajut Kebhinnekaan bersama Ketua MPR RI.

Dalam dialog yang juga dihadiri anggota dewan dari fraksi PAN, Bupati Kabupaten Serang Tatu Chasanah, tokoh masyarakat Serang dan masyarakat sekitar tersebut, Ketua MPR, menjelaskan Empat Pilar MPR RI yang disebut juga empat konsesus dasar.

Konsesus dasar itu dinilai penting terutama untuk kepala daerah dan anggota dewan agar memahami betul tugasnya.

"Pertanyannya apakah masih ada semua rasa itu sekarang. Kalau sampai hilang maka kita akan kehilangan identitas ke Indonesia-an. Maka akan terjadi ketimpangan sosial yang sangat tinggi," kata Zulkifli, Rabu.

"Itulah pentingnya Pancasila harus dipahami dan dimengerti serta diimplementasikan. Memang susah melaksanakan tapi harus segera dimulai," lanjut dia.

Pancasila, menurut Zulkifli, bukan hanya sekedar hafal tapi dimengerti dan diimplementasikan sehari-hari. Pancasila, lanjut Zulkifli, mengutip Bung Karno, adalah cinta kasih dan kekeluargaan serta gotong royong. Sementara rakyat Indonesia adalah keluarga besar, keluarga besar NKRI.

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan, semua masalah bangsa sebenarnya bisa diselesaikan dengan Pancasila.

"Kembalikan semua ke Pancasila, sebab sangat lengkap di sana. Itulah yang harus dipahami dan dimengerti semua anak bangsa," ujar dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016