Sentani (ANTARA News) - Ribuan umat Kristen di Kabupaten Jayapura menggelar ibadah kenaikan Isa Almasih di gereja masing-masing  di bawah suasana hujan turun sejak Rabu malam hingga pagi ini.

Dari pantauan di Jayapura, Kamis, pertokoan dan sejumlah tempat perbelanjaan tutup dan jalan raya lengang.

Olin Hamadi, salah seorang jemaat GPdI Elohim Sentani, di Jayapura, mengatakan meskipun libur panjang, namun aktivitas akan dimulai setelah semua orang selesai melaksanakan ibadah kenaikan Isa Almasih.

"Biasanya nanti jam 13.00 WIT toko-toko baru buka karena prosesi ibadah sudah selesai," katanya yang ditemui hendak beribadah.

Menurut Olin, ibadah kenaikan Isa Almasih meskipun jatuh di hari Kamis, namun aktivitas secara otomatis terhenti seperti hari Minggu.

Senada dengan Olin, Semuel Daat, salah seorang jemaat GKI Pengharapan Sentani mengatakan pemerintah daerah setempat juga memberikan imbauan bahwa untuk hari ibadah sebaiknya tidak ada aktivitas atau diliburkan.

"Imbauan ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada hari ibadah di wilayah timur Indonesia di mana jemaat dapat lebih khusyuk berdoa," katanya.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016