Bekasi, Jawa Barat (ANTARA News) - PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek mencatat volumen kendaraan di tol ini melonjak 40 persen akibat liburan panjang ini.

"Dari data yang diperoleh, volume kendaraan meningkat menjadi 108.947 dari prediksi semula 106.594 kendaraan atau sebesar 37 persen di GT Cikarang Utama," kata Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Imam Abriyanto di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, peningkatan ini melebihi libur Natal sejak 23 Desember 2015 yaitu 107.071 kendaraan.

Ia mengatakan pemberlakuan pelebaran jalan menjadi empat ruas jalan arah Cikampek dan dua ruas jalan masuk Jakarta dari Km 32-41 sudah dimulai pukul 12.00 WIB hingga sekarang.

"Pemberlakuan itu untuk mengurai kemacetan yang terjadi pada ruas lalu lintas arah tol Cikarang hingga Cikampek," katanya.

Iwan menjelaskan kecepatan kendaraan yang melalui ruas jalan berkisar 40-60 km per jam.

Pola  buka tutup jalan di tempat istirahat pengemudi sudah berlangsung pada Km 19, 33, dan 57, sedangkan Km 39 masih dalam persiapan.

"Agar tidak terjadi penumpukan kendaraan arah Cikapek, Bandung, serta Cirebon," kata Iwan.

Untuk arah Cikarang Timur dan Barat lalu lintas tol terlihat lengang. "Ini karena terjadi penumpukkan volume kendaraan di GT tol Cikarang utama arah Cikampek," kata Iwan.

"Kemacetan ini didominasi oleh mobil-mobil pribadi dari pada truk muatan barang yang hendak berpergian ke Jawa Tengah," katanya.



Pewarta: Mayolus Fajar D
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016