Padang (ANTARA News) - Sejumlah masyarakat pecinta atau suporter bulu tangkis di kota Padang, Sumatera Barat mengharapkan agar Tim Thomas dan Uber Indonesia yang akan berlaga di kejuaraan tersebut di Kunshan, Tiongkok, 15-22 Mei 2016 ini merebut gelar juara.

"Meski di atas kertas peluang juara kecil namun berharap keajaiban datang dan membawa tim Indonesia juara," kata salah satu Suporter Taufik Hidayat (23), di Padang, Selasa.

Menurut dia peluang terbesar berada di tim Thomas yang memiliki pebulutangkis dengan prestasi cukup baik pada beberapa kejuaraan terakhir.

Tommy Sugiarto, Jonatan Christie, Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya merupakan nama-nama yang beberapa kali mampu menaklukkan para pebulutangkis hebat dunia macam Chen Long dari China, atau Le Yong Dae dari Korea Selatan.

"Dengan satu grup bersama India, Thailand, dan Hongkong, mungkin hanya Hong Kong yang akan mempersulit langkah Indonesia melangkah ke Perempat Final." kata dia.

Sedangkan Thailand dan India di atas kertas masih kalah dari Indonesia.

Barulah setelah itu akan menghadapi lawan yang berat seperti Denmark, Jepang, China, Malaysia dan Korea Selatan.

"Namun begitu, dengan kemenangan di kejuaraan pemanasan di India lalu menjadikan nada optimistis untuk juara kembali mengemuka," katanya.

Dia berharap para pemain bermain santai namun penuh motivasi untuk menjadi yang terbaik.

Suporter lain Zulfitri (47) menambahkan bahwa peluang kecil yang dimiliki tim Uber untuk juara justru dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemain untuk bermain lepas dan tanpa beban.

Menurutnya tim Uber harus berkaca pada penampilan tim Uber Belanda pada 2006 di Jepang yang mampu merebut juara kedua meski tidak diunggulkan.

"Dengan mengandalkan tunggal muda Fitriani, Gregoria Mariska serta ganda yang tengah naik daun Greysia Polii dengan Della Destiara/Rosyita diharapkan tim Uber Indonesia buat kejutan" ujarnya.

Sedangkan salah satu atlet di Padang, Nicky (20) justru berharap para pebulutangkis Indonesia meraih hasil dengan usaha maksimal.

Menurut dia seluruh masyarakat Indonesia menunggu kejutan dari pebulutangkis muda usia seperti Jonatan Christie atau Han Ramadini.

"Soal prestasi belakangan, namun permainan maksimal dan menghibur tentunya akan dinanti oleh jutaan penggemar bulutangkis seluruh dunia," katanya.

Sementara itu Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia Gita Wirjawan telah resmi melepas Tim Thomas dan Uber Indonesia ke Kunshan China Senin 9 Mei 2016 lalu.

Dalam pelepasan tersebut dia berharap para pebulutangkis Indonesia memberikan perjuangan terbaik dan pencapaian prestasi maksimal.

Pewarta: MR Denya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016