Jakarta (ANTARA News) - Pebalap muda Sean Gelael mengaku mulai mengenal karakteristik Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol yang akan menjadi lokasi seri pembuka kejuaraan balap mobil satu level dibawah Formula 1 yaitu GP2 2016, 14-15 Mei meski baru beberapa kali mencoba lintasan.

"Sebelumnya saya memang belum pernah tampil di balapan resmi di sirkuit ini, tapi saya mulai mengenal karakteristiknya setelah menjalani sesi latihan beberapa waktu lalu," kata pebalap yang memperkuat tim Pertamina Campos Racing, Sean Gelael dalam keterangan tertulis yang diterima media di Jakarta, Selasa.

Selain mencoba lintasan secara langsung, pebalap yang didukung penuh oleh Jagonya Ayam KFC Indonesia itu juga terus berlatih menggunakan simulator dengan tempat Sirkuit Catalunya di markas Campos Racing. Sirkuit dengan panjang lintasan 4,277 km ini memiliki lima tikungan ke kiri dan delapan tikungan ke kanan.

Sebelum tampil di GP2, Sean membalap penuh di ajang World Series Renault 3.5. Sirkuit Catalunya tidak masuk dalam kalender. Demikian juga saat Sean tampil di ajang Formula 3 Eropa pada tahun 2013 dan 2014, Catalunya lagi-lagi tidak termasuk dalam kalender balap.

"Jadi ini memang pengalaman pertama. Akan tetapi, bukan berarti saya tidak mengenal sirkuit ini. Saya suka sirkuit ini karena ada beberapa titik yang memungkinkan kita melewati pebalap lain," kata pebalap berusia 19 tahun itu.

Anak mantan pebalap nasional Ricardo Gelael itu menambahkan, sirkuit ini memilik lebar lintasan 12 meter dan memiliki trek lurus sepanjang 1,05 kilometer. Dengan kondisi ini, peluang untuk salip menyalib mulai tikungan pertama lebih terbuka. Selain itu, ditikungan pertama juga menjadi tempat ujian menjaga kestabilan kendaraan setelah digeber kecang.

Pada sesi latihan resmi di Catalunya, Sean Gelael sempat membuat catatan waktu yang impresif dan berada di posisi ke sembilan pebalap tercepat pada sesi latihan pertama. Sementara rekan setimnya Mitch Evans berada di posisi kelima. Bagi Sean, latihan ini lebih diutamakan untuk penyesuaian setelah kendaraannya.

"Kalau dari persiapan tim sepertinya semua sudah berjalan dengan bagus. Kita lihat saja balapannya akan seperti apa. Yang pasti saya akan berupaya sebaik mungkin," ujar Sean yang menargetkan mampu mencuri poin pada debut penuhnya di GP2 musim ini.

Selain Sean, juga ada pebalap Indonesia lainnya, yakni Philo Paz Patrick Armand. Pebalap yang juga didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia ini akan berlaga dengan bendera tim balap Trident Racing. Adapun satu pebalap lain yang juga didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, yakni Antonio Giovinazzi, akan membalap bersama tim Prema Racing.

Balapan GP2 musim ini akan berlangsung sebanyak 11 seri. Musim ini sebanyak 24 pebalap dari 12 tim akan bersaing ketat.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016