Barcelona (ANTARA News) - Pemuncak klasemen Formula 1 Nico Rosberg kembali mengungguli rekan setimnya di Mercedes pada daftar catatan waktu, dengan mencatatkan waktu tercepat pada latihan terakhir untuk Grand Prix Spanyol pada Sabtu.

Rosberg, yang tidak terkalahkan musim ini dan berpeluang menjadi pebalap ketiga yang mampu memenangi lima balapan pembukaan dalam satu musim, mencatatkan waktu untuk satu putaran di Circuit de Catalunya yang cerah dengan catatan satu menit 23,078 detik.

Satu-satunya insiden yang merepotkan pebalap Jerman itu meneruskan dominasinya, setelah mencatatkan waktu tercepat pada Jumat, adalah ketika mobilnya memasuki apa yang disebut Mercedes sebagai mode pengamanan "limp home" pada fase awal latihan.

Tim mendeteksi terdapat masalah pada sensor, yang segera mereka perbaiki.

Juara dunia tiga kali Hamilton, yang tertinggal 43 angka setelah empat balapan, lebih lambat 0,216 detik dengan catatan waktu memperlihatkan ia sedikit melambat dibanding Rosberg pada tiga sektor.

Pebalap Britania itu telah mengeluhkan tentang kendali mobilnya pada Jumat, ketika ia mencatatkan waktu tercepat urutan ketiga, dan Mercedes melakukan beberapa perubahan semalaman.

Pebalap Ferari Sebastian Vettel berada di urutan ketiga, lebih lambat 0,147 detik, sedangkan pebalap muda Belanda Max Verstappen menghuni urutan keempat pada sesi latihan ketiganya musim ini untuk Red Bull setelah pindah dari tim junior Toro Rosso.

Pebalap 18 tahun itu menduduki urutan ketiga sampai Vettel mengunggulinya pada akhir latihan.

Rekan setima Verstappen yang berasal dari Australia Daniel Ricciardo menghuni urutan kelima, mengungguli pebalap Ferrari Kimi Raikkonen, dan sesama pebalap Finlandia Valtteri Bottas yang membela Williams.

Pebalap Prancis Romain Grosjean, yang membela Haas, mengeluhan tentang pebalap Renault Kevin Magnussen yang mendorongnya ke gravel, setelah pebalap Denmark itu nyaris membelok ke arah dirinya. Demikian laporan Reuters/

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016