Jakarta (ANTARA) - Ferrari pada Selasa (13/2) mengenalkan mobil balap seri SF (SF-24) yang digunakan untuk terakhir kalinya pada pada Formula 1 2024, sebelum Lewis Hamilton bergabung dengan tim Italia itu pada 2025.

Mobil yang didominasi kelir merah dengan beberapa aksen hitam itu akan menjadi "jet balap" yang dikemudikan Charles Leclerc dan Carlos Sainz pada musim balap 2024. Kontrak Carlos Sainz akan selesai pada akhir musim ini dan posisinya akan digantikan Hamilton.

"Mengenalkan mobil baru ke dunia untuk pertama kalinya selalu menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi saya dan pembalap, meski kami semua langsung memikirkan persaingan dengan rival di trek," kata Principal Tim Scuderia Ferrari Frederic Vasseur mengutip laman resmi Formula 1, Rabu.

"Musim F1 yang panjang menanti. Kami dan Charles, Carlos, juga saya setuju bahwa kami harus lebih tajam dan efektif dalam mengelola balapan," kata dia.

Ferrari mengonfirmasi bahwa mobil SF-24 diabadikan dalam sebuah film dokumenter sebelum uji pramusim di Sirkuit Internasional Bahrain pada 21-23 Februari.

Pada musim balap tahun lalu, Ferrari tertinggal jauh dari Red Bull yang menjadi juara dengan mengumpulkan 575 poin bersama Max Verstappen. Saat itu, pebalap Ferrari Charles Leclerc di posisi lima dengan 206 dan Carlos Sainz peringkat ketujuh dengan 200 poin.

Baca juga: F1 umumkan perpanjangan kontrak GP Jepang di Suzuka hingga 2029


Untuk itu, Charles Leclerc berharap bisa tampil lebih baik pada musim ini bersama mobil SF-24.

"Saya sangat menyukai tampilan mobilnya. Tapi tentu saja, yang paling menarik bagi saya adalah bagaimana performanya di trek, karena itulah yang terpenting,” kata Leclerc.

Adapun Carlos Sainz mengatakan fokus terbesarnya saat ini adalah menjalani musim terakhirnya bersama Ferrari.

"Scuderia Ferrari dan saya akan berpisah pada akhir tahun 2024. Kami masih memiliki musim yang panjang di depan kami dan, seperti biasanya, saya akan memberikan yang terbaik untuk tim dan penggemar di seluruh dunia,” kata Sainz.

Hamilton, yang akan menggantikan Sainz, memenangi gelar juara dunianya yang terakhir pada 2020. Pada musim lalu, Hamilton finis di tempat ketiga, tertinggal 341 poin dari Verstappen yang memenangkan 19 dari 22 balapan.


Baca juga: Lewis Hamilton dipastikan pindah ke Scuderia Ferrari di musim 2025

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024