Koba (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dalam kunjungannya ke Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyempatkan diri meninjau pelaksanaan ujian akhir sekolah (UAS) tingkat SD di daerah itu.

"Utamakan kejujuran dan pembinaan karakter," kata Anies Baswedan saat meninjau UAS di SDN 1 Koba, Selasa.

Ia memberikan apresiasi terhadap persiapan Bangka Tengah dalam menyelenggarakan UAS.

Dia juga berharap murid-murid SD di Koba semuanya lulus serta bisa melanjutkan pendidikan ke lembaga pendidikan yang mereka inginkan.

"Di SD tidak ada UN yang ada UAS yang soal ujiannya diserahkan kepada daerah. Ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah wajib belajar 12 tahun," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Mendikbud berpesan kepada kepada para guru agar tidak hanya mengajar saja tetapi lebih mengutamakan pembelajaran dan pembinaan karakter.

"Saya melihat di SDN 1 Koba sudah menerapkan sistem pembelajaran dan ini bagus sesuai dengan tujuan pendidikan nasional," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Anies sempat bertanya kepada murid SD yang sedang mengikuti ujian soal nomor berapa yang terasa lebih sulit menjawabnya.

Masing-masing peserta ujian menjawab nomor yang berbeda.

"Jangan menyerah karena merasa sulit, kalau tidak ada yang sulit tentu tidak ada yang mudah. Karena ada yang sulit maka ada yang mudah," ujar Anies sembari tersenyum.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016