Basel (ANTARA News) - Kubu The Reds siap bertarung. Ini kali pertama Liverpool bersua dengan Sevilla dalam duel bertajuk final Liga Europa 2015/16 yang akan digelar di stadion St James Park, Basel, Swiss.

Kedua tim sama-sama termotivasi untuk mengukuhkan diri sebagai kampiun sepak bola di Benua Biru. Sebagai juara bertahan, Sevilla siap ditantang oleh Liverpool.

Kedua tim nota bene menunjukkan grafik penampilan yang semenjana saja di ajang domestik. Duel akan diadakan pada Rabu malam, atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Hanya saja penampilan personel Merseysiders lebih solid belakangan ini. Pasukan asuhan pelatih Juergen Klopp hanya menelan dua kekalahan dalam 13 penampilan terakhir. Ini memang pekan yang berat bagi pasukan The Reds.

Tantangan bagi balatentara asuhan Klopp, yakni menunjukkan penampilan yang konsisten dari satu laga ke laga lain. Ini perlu dilihat dalam pertandingan melawan Sevilla.

Perjalanan Sevilla di ajang Liga Spanyol (La Liga) setali tiga uang. Klub asuhan pelatih Unai Emery ini kini terdampar di peringkat ketujuh klasemen La Liga musim kompetisi 2015/16.

Gameiro dan kawan-kawan gagal meraih kemenangan dalam sembilan laga terakhir. Mereka bahkan belum memetik kemenangan dalam laga tandang. Hal ini menjadi perhatian serius bagi Emery yang cenderung menyimpan sejumlah pemain kunci.

Sevilla menderita tiga kekalahan dari Bilbao, Granada dan Espanyol di Liga Spanyol. Hanya saja mereka mampu menekuk Donetsk 3-1 di leg kedua semi-final dalam laga yang digelar di Ramon Sanchez Pizjuan.    
 
Komentar dua manajer:

* Juergen Klopp (Liverpool):

"Kami memahami dan mengetahui keinginan dan harapan para suporter. Kami tahu keinginan mereka yang mendamba untuk merebut piala ini. Mereka menunjukkan kepada kami capaian yang mengesankan ketika mereka tampil dalam laga tandang, (dan) berhadapan dengan kami di ajang Eropa."

"Mereka (fans) kami ada di seluruh dunia. Mereka menujukkan kesungguhan dan memberi segalanya bagi kejayaan klub. Kami benar-benar ingin menjadi klub yang dicintai para suporter seluruh dunia. Kami ingin mewujudkan mimpi dan harapan mereka."

*Unai Emery (Sevilla):
"Kami tim juara. Kami punya peluang mempertahankan gelar. Kami akan bersukacita jika memang dapat meraih kemenangan atau sebaliknya. Menang melawan Liverpool memang memerlukan usaha ekstra sempurna."

"Sevilla tidak akan menemui kegagalan jika kami tampil dengan benar-benar fokus kepada laga."

Prakiraan susunan pemain:

* Liverpool (4-2-3-1):

Mignolet (penjaga gawang); Clyne, Lovren, Touré, Moreno; Lallana, Can, Milner; Firmino, Sturridge, Coutinho.
Pemain absen: Rossiter (cedera hamstring), Gomez (cedera lutut), Sakho (terkena suspensi)
Diragukan tampil: Origi (cedera engkel/kaki)

*Sevilla (4-2-3-1):
David Soria (penjaga gawang); Mariano, Rami, Carriço, Escudero; Krychowiak, N'Zonzi; Coke, Banega, Vitolo; Gameiro.
Pemain absen: Krohn-Dehli (cedera lutut), Trémoulinas (cedera lutut)

Data dan fakta (Opta Facts):
* Sevilla dan Liverpool sama-sama meraih kemenangan ketika mereka keluar sebagai tim finalis di Piala UEFA/Liga Europa.
* Ini kali pertama bagi Liverpool melaju ke babak final sejak 2007, ketika mereka menghadapi AC Milan di Liga Champions. The Reds kalah 1-2.   
* Ini akan menjadi laga final yang ke-12 bagi Liverpool di ajang sepak bola Eropa, dengan torehan tujuh laga final di Liga Champions/Piala Eropa, tiga final di Liga Europa/UEFA, dan satu Piala Winners. Mereka memetik delapan kemenangan, artinya mencapai 73 persen.
* Liverpool meraih kemenangan dari dua laga final melawan tim asal Spanyol di ajang sepak bola Eropa, menundukkan Real Madrid pada 1981 di Piala Eropa dan Alaves di Piala UEFA 2001.     
* Liverpool hanya sekali kalah dari 14 pertandingan di ajang Liga Europa musim ini (enam menang, tujuh imbang), termasuk ketika melawan Villareal di leg pertama semi-final (1-0).  * Liverpool tidak pernah mencetak lebih dari satu gol dalam laga tandang di Liga Europa musim ini.
* Sevilla meraih empat kemenangan dari 10 laga final di ajang Liga Europa/Piala UEFA. Mereka berusaha keluar sebagai tim yang pertama meraih trofi tiga kali berturut-turur.  
* Klub-klub asal Spanyol meraih tujuh kemenangan dari 12 edisi laga di ajang Liga Europa/Piala UEFA
* Sevilla meraih 13 kemenangan dari 18 laga terakhir di ajang Liga Europa (tiga imbang dan dua kalah).
* Kevin Gameiro mencetak tujuh gol dan dua assist dari 14 gol yang dicetak oleh Sevilla dalam Liga Europa musim ini, termasuk enam gol dan dua assist dalam delapan laga.     

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Liverpool: D D W W L

15/5/16 West Bromwich Albion 1 - 1 Liverpool
11/5/16 Liverpool 1 - 1 Chelsea
8/5/16 Liverpool 2 - 0 Watford
5/5/16 Liverpool 3 - 0 Villarreal
1/5/16 Swansea City 3 - 1 Liverpool

* Sevilla: L L W L D
14/5/16 Athletic Bilbao 3 - 1 Sevilla
8/5/16 Sevilla 1 - 4 Granada
5/5/16 Sevilla 3 - 1 Shakhtar Donetsk
1/5/16 Deportiu Espanyol 1 - 0 Sevilla
28/4/16 Shakhtar Donetsk 2 - 2 Sevilla

Prediksi hasil laga (Goal.com):
* Liverpool 2 - 1 Sevilla
* Liverpool 0 - 0 Sevilla
* Liverpool 2 - 0 Sevilla

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Liverpool: 2
* Sevilla: 1

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016