London (ANTARA News) - Pengusaha asal China Tony Xia setuju membeli Aston Villa, kata klub tersebut Rabu waktu setempat lalu seperti dikutip Reuters.

Pemilik klub Aston Villa asal AS Randy Lerner yang menawarkan klub itu di pasar pada 2014, telah mencanangkan kesepakatan yang kabarnya bernilai 60 juta pound (Rp1,1 triliun), menyusul degradasi klub ini dari Liga Utama Inggris bulan lalu.

"Klub sepak bola Aston Villa mengumumkan bahwa sebuah kesepakatan akan ditandatangani hari ini untuk menjual 100 persen saham Randy Lerner ke pemiliki Recon Group Dr Tony Jiantong Xia," kata klub ini.

"Dr Xia punya target mengembalikan Aston Villa ke Liga Utama Inggris dan kemudian akan mendorong klub bisa menempati posisi enam klasemen, dan kembali membawa sepak bola Eropa ke Villa Park. Dia berencana membuat Aston Villa menjadi klub sepak bola paling terkenal di China dengan punya banyak dukungan," tambahnya.

Aksi pembelian oleh Xia itu mengakhiri kesedihan Lerner yang telah membeli Aston Villa seharga 62,2 juta pound (Rp1,22 triliun) pada 2006.

(A020)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016