Jakarta (ANTARA News) - Wales tidak bisa bersembunyi dari alasan jika mereka gagal menghidupkan peluang pada Euro 2016 mengingat mereka diberikan sumber daya yang luar biasa untuk berbuat lebih di Prancis, kata kapten Timnas Wales Ashley Williams.

Wales untuk pertama kalinya lolos ke putaran final turnamen internasional sejak 1958 dan akan menghadapi Rusia, Inggris dan Slowakia di Grup B Piala Eropa.

Tim asuhan Chris Coleman ini saatnya tengah bersiap untuk turnamen yang diikuti 24 tim itu di kompleks pelatihan Vale do Lobo di Portugal yang sebelumnya digunakan Inggeris dan Manchester United.

"Saya tidak tahu siapa yang merencanakan tapi itu memang luar biasa," kata Williams. "Kami tak bisa berkata 'oh kami tidak punya ini atau kami tidak punya itu'. Semuanya telah dipertimbangkan. Itu artinya Anda bisa tampil agak lebih baik. Kini kami tinggal berkonsentrasi kepada permainan sepak bola, dan itulah cara yang Anda inginkan."

Dengan mencetak tujuh gol dan mengaransemen dua dari 11 gol Wales pada babak penyisihan, Gareth Bale yang sudah dua kali mengantarkan Real menjadi juara Liga Champions, telah menjadi bagian integral dari Wales. Williams menyatakan pengalaman gelandang Real Madrid itu pada tingkat atas akan sangat penting.

"Dia adalah pemain yang selalu ada di sana manakala kami memerlukan dia. Kami akan memerlukan dia melalui turnamen ini, ini adalah panggung dunia dan semua orang akan menyaksikannya," kata Williams.

"Pengalamannya akan berarti di dalam dan di sekitar ruang ganti. Dialah yang paling berpengalaman di antara kami pada kesempatan-kesempatan besar, dan biasanya dia tidak membiarkan kami jatuh."

Gelandang Joe Ledley adalah satu-satunya yang diragukan tampil karena cedera kaki bulan ini. Coleman akan memangkas enam pemain menjadi skuad final 23 pemain untuk turnamen yang akan berlangsung pada 10 Juni sampai 10 Juli nanti itu, hari ini, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016