Wina (ANTARA News) - Pencari suaka ke Uni Eropa seharusnya dibiarkan tinggal di pulau-pulau daripada diberikan akses langsung ke benua itu, kata menteri luar negeri Austria.

Sebastian Kurz menyarankan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Die Presse yang diterbitkan pada Minggu, supaya blok tersebut meniru "jejak Australia" untuk mencegah imigran melakukan perjalanan berbahaya ke Eropa.

Berdasarkan kebijakan imigrasi Australia yang keras dan banyak dikritik, para pencari suaka yang mencoba mencapai Australia dengan kapal akan ditolak atau dikirim ke kamp Pasifik di Nauru dan Papua Nugini tempat mereka akan ditahan tanpa batas waktu sambil menunggu permohonan pengungsi mereka diproses.

Mereka dilarang bermukim di Australia bahkan meskipun sudah mendapatkan status pengungsi.

"Model Australia memang tidak bisa diterapkan sepenuhnya tapi prinsip-prinsipnya bisa diberlakukan di Eropa,” kata menteri tersebut, menambahkan dia pesimistis dengan dampak dari kesepakatan terbaru dengan Turki yang bertujuan mengurangi jumlah imigran yang ingin mengadu nasib ke benua itu.

Skema serupa pernah digunakan di Amerika Serikat pada paruh pertama abad ke-20, dengan para pendatang ditahan di Pulau Ellis saat mereka melakukan perjalanan ke New York, demikian seperti dikutip dari laporan AFP.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016