Selain mensosialisasikan Primaduta Award 2016, kegiatan ini juga digelar untuk mempromosikan dan mengundang para buyer untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2016. Dalam business dinner ini juga dibahas perkembangan perundingan Indones
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Santiago berupaya untuk meningkatkan jaringan kerja sama dengan para calon pembeli asal negara tersebut sekaligus meminta untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI).

"Selain mensosialisasikan Primaduta Award 2016, kegiatan ini juga digelar untuk mempromosikan dan mengundang para buyer untuk berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) 2016. Dalam business dinner ini juga dibahas perkembangan perundingan Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA)," kata Kepala ITPC Lagos Prihadi Andi Sugiono, dalam siaran pers yang diterima, Kamis.

Berdasarkan data dari Servicio Nacional de Aduanas Chili, ITPC Santiago bekerja sama dengan KBRI Santiago memverifikasi data impor para buyer Chile dari Indonesia selama periode 2011-2015. Prihadi mengusulkan 21 perusahaan Chili untuk dinominasikan Primaduta Award 2016, yang terdiri dari 11 UKM dan 10 perusahaan dengan nilai impor tertinggi.

Beberapa perusahaan telah mengimpor dari Indonesia sejak lebih dari 10 tahun lalu, di antaranya Nike, Adidas, LG, Epson, Derco, Puma, Schneider, Maipo, Baterias Cyclon, dan Kudams Limitada.

"Nike, Adidas, dan Midesa adalah tiga perusahaan pemenang tahun lalu, sedangkan Midesa memenangkan Primaduta Award 2014," kata Prihadi.

Sementara itu, beberapa perusahaan mengalami pertumbuhan impor signifikan pada periode 2014-2015, yaitu Nipro Medical untuk peralatan medis sekali pakai sebesar 137 persen, EPC Chile untuk produk serat plastik sebesar 108 persen, Area Design untuk furnitur sebesar 100 persen, Emasa untuk suku cadang kendaraan sebesar 71 persen, Midesa untuk rumput laut sebesar 42 persen, dan Megalux untuk lensa dan kontak lensa sebesar 38 persen.

Primaduta Award merupakan penghargaan dari Kementerian Perdagangan yang diberikan kepada para importir yang mengimpor produk Indonesia secara rutin dan besar.

Pemberian penghargaan Primaduta pada tahun ini diharapkan dapat mendukung perkembangan perdagangan IndonesiaChili di masa datang.

Prihadi menambahkan, tidak hanya business dinner, ITPC Santiago juga memanfaatkan LATAM Airlines in-flight magazine edisi April 2016 untuk mensosialisasikan Primaduta Award 2016 dan mempromosikan TEI 2016.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016