Hong Kong (ANTARA News) - Saham-saham Hong Kong melonjak hampir dua persen pada Senin, keuntungan satu hari terbesar mereka dalam hampir satu bulan, karena pasar Asia rebound didukung harapan Inggris akan memutuskan untuk tetap di Uni Eropa.

Indeks Hang Seng naik 1,7 persen menjadi berakhir di 20.510,20, sedangkan indeks CEI (China Enterprises Index) bertambah 1,8 persen, menjadi ditutup pada 8.639,51 poin.

Ketakutan Brexit berkurang karena tiga jajak pendapat warga Inggris menjelang referendum keanggotaan Uni Eropa pada 23 Juni menunjukkan kubu "tetap" memulihkan beberapa momentum, meskipun gambaran keseluruhan pemilih tetap merata.

Sebagian besar sektor Hong Kong menguat, dengan saham sektor keuangan dan energi memimpin keuntungan.

Tetapi saham Vanke yang tercatat di Hong Kong kehilangan hampir tiga persen, setelah pengembang terbesar Tiongkok mengatakan akan mengakuisisi unit Shenzhen Metro Group senilai 45,6 miliar yuan (6,9

miliar dolar AS) melalui penerbitan saham baru, membuat operator kereta bawah tanah milik negara itu menjadi pemegang saham terbesarnya.

Saham Stella International Holdings jatuh untuk sesi kedua berturut-turut, setelah memperingatkan penurunan laba signifikan semester pertama pada minggu lalu, demikian Reuters melaporkan.

(A026/B012)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016