Jakarta (ANTARA News) - Tim asuhan Fernando Santos tiba di Stade des Lumieres dengan menduduki urutan ketiga klasemen, berselisih dua poin dari Hungaria yang saat ini menjadi pemuncak klasemen.

Portugal dua kali seri melawan Islandia dan Austria. Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi tendangan penalti pada salah satu pertandingan itu.

Namun kendati mendapat tekanan besar menjelang laga melawan Hungaria, Santos yakin para pemainnya akan berhasil lolos sampai final turnamen ini 11 Juli nanti.

"Kami bermain baik sekali melawan Austria tanpa mencetak gol dan kami harus meneruskan prilaku itu. Kami telah membuat Austria yang berperingkat 10 di dunia seperti tim kecil," kata Santos.

Hungaria sendiri harus bisa mengendalikan Ronaldo yang belum mencetak gol di Prancis jika ingin mencatat hasil lebih baik dari pada Portugal.

"Mengenai Cristiano Ronaldo, dia telah banyak sekali bertanding dan mencetak banyak gol pada banyak pertandingan dalam berbagai kompetisi. Tidak heran dia kelelahan. Dan mungkin ini yang membuatnya agak sedikit gugup. Anda bisa melihatnya menyianyiakan beberapa peluang. Kami harap dia akan terus begitu selama melawan kami," kata bek Hungaria Mihaly Korhut.

Kabar tim

Santos berharap Danilo siap main setelah menderita cedera punggung yang membuat gelandang Porto ini absen sewaktu melawan Austria. Masalahnya, Andre Gomes dan Raphael Guerreiro diragukan tampil.

Dia juga mesti memutuskan apakah akan memasang lagi pemain sayap Ricardo Quaresma yang membuat buntu permainan Portugal saat melawan Austria.

Bos Hungaria Bernd Storck mesti mencomot lagi bek kanan Attila Fiola sebagai starter setelah dibangkucadangkan ketika timnya ditahan seri 1-1 oleh Islandia. Dia juga masih galau oleh tingkat kebugaran gelandang Lech Poznan Gergo Lovrencsics.

Statistik

Ini adalah pertemuan kesebelas antara kedua negara. Portugal tak terkalahkan dengan di antaranya menang tujuh kali.

Hungaria tidak bisa mencetak gol pada tiga laga terakhir melawan Portugal dan tidak bisa menjaringkan satu pun gol selama 328 menit bertanding, sebaliknya dalam kurun waktu sama Portugal sudah melesakkan 10 gol.

Keduanya sudah pernah satu kali bertemu pada turnamen besar ketika Portugal mengalahkan Hungaria 3-1 pada Piala Dunia 1966.

Portugal todal terkalahkan pada sembilan laga kompetitif terakhirnya (7 kali menang, 2 seri). Semua kemenangan tercipta dari satu gol.

Jika Ronaldo bermain, maka ini adalah pertandingan ke-30 dia pada turnamen besar bersama Portugal atau paling banyak dibandingkan pemain Portugal lainnya. Dia sudah mencetak sembilan gol pada 29 penampilan sebelumnya.

Ini adalah penampilan pertama Hungaria di Piala Eropa sejak mengenalkan fase grup, namun mereka gagal ke fase knockout pada tiga penampilan terakhirnya di Piala Dunia (1978, 1982 & 1986).

Portugal tidak pernah tidak lolos dari fase grup Piala Eropa  dengan mencapai babak knockout pada semua dari enam partisipasinya dalam putaran final Euro, demikian Sky Sports.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016