Jakarta (ANTARA News) - Inggris yang menjadi salah satu tim favorit tersingkir dari Euro 2016 setelah menelan kekalahan memalukan dari Islandia dengan skor 2-1 pada laga 16 besar di Nice, Prancis, Selasa WIB.

Ternyata bukan hanya Islandia yang bisa mempermalukan Inggris, Republik Irlandia juga pernah mengalahkan Inggris pada ajang Euro atau Piala Eropa. Berikut ulasannya dilansir dari UEFA:

Inggris 0-1 Rep.Irlandia (fase grup Piala Eropa 1988)

Irlandia yang pertama kalinya mencicipi putaran final Piala Eropa berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 1-0. Irlandia menang lewat gol Houghton dan penampilan heroik kiper Packie Bonner yang mementahkan aksi beberapa bintang Inggris saat itu John Barnes, Gary Lineker, dan Bryan Robson.

Inggris 1-2 Swedia (fase grup Piala Eropa 1992)

Inggris terpaksa tersingkir dari fase grup akibat ditekuk Swedia dengan skor 2-1 di Solna. Pasukan The Three Lions mampu unggul 1-0 lewat gol David Platt, namun aksi Jan Eriksson dan Brolin pada babak kedua membuat Swedia lolos dari fase grup itu.

Inggris 1-2 Islandia (16 besar Piala Eropa 2016)

Tampil sebagai tim unggulan berbekal penampilan sempurna difase kualifikasi tampaknya bukanlah jaminan bagi Inggris melaju mulus di Euro 2016. Pasukan Rodgson yang bertabur bintang tidak berdaya menghadapi Islandia yang mengandalkan permainan berani dan serangan balik.

Inggris unggul cepat lewat penalti Wayne Rooney menyusul pelanggaran kiper Islandia terhadap Sterling. Namun skor berbalik 2-1 untuk Islandia setelah Sigurdsson dan Sigthórsson membobol gawang Joe Hart.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016