Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal menilai infratstruktur jalan darat yang akan dilalui pemudik pada Lebaran tahun ini secara keseluruhan sudah siap dan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

"Secara keseluruhan infrastruktur jalan saat ini lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena Presiden Jokowi berkomitmen untuk memperbaiki infrastruktur jalan," kata Cucun Ahmad Syamsurrijal di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Menurut Cucun, selama arus mudik menjelang Lebaran tahun 2016 yang harus diwaspadai adalah jalur jalan yang rawan longsor karena saat ini sudah mulai memasuki musim hujan.

Jalur tersebut adalah jalur Selatan Pulau Jawa yakni, Cianjur-Bandung-Ciamis-Tasikmalaya-Barjarnegara-Cilacap-Ponorogo sampai ke Malang Jawa Timur.

"Kalau ruas jalan di Pantura hampir tidak ada masalah, hanya terjadi kemacetan di simpul-simpul perempatan jalan dan di pasar tradisional," katanya.

Menurut dia, di daerah rawan kemacetan, jika terjadi kemacetan total, harus ada jalan alternatif sehingga dibutuhkan koordinasi Satkorlantas yang disiplin.

Sekretaris Fraksi PKB DPR RI ini meminta ada koordinasi yang jelas antara Satkorlantas dan Kementerian Perhubungan, agar tidak terjadi salah komunikasi lalu lintas.

Sementara itu, untuk transportasi laut, Cucun mengingatkan agar kapal penumpang tidak melebihi kapasitas dan memperhatikan cuaca agar selamat selama perjalanan di laut.

Sedangkan untuk perjalanan udara, menurut dia, jangan sampai ada persoalan izin terbang, delay, terlambat, dan semua maskapai penerbangan harus disiplin, agar masyarakat bisa menikmati mudik menjelang Lebaran.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016