Langkat, Sumut (ANTARA News) - Angin puting beliung melanda kawasan Dusun IX Sukadame, Desa Beruam Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menyebabkan satu warga tewas sementara beberapa rumah penduduk juga mengalami kerusakan berat dan ringan termasuk juga pohon tumbang.

"Ada satu warga tewas akibat angin puting beliung yang menumbangkan beberapa pohon," kata Kepala Kepolisian Resor Kuala AKP Muliono yang dihubungi malam ini, Sabtu.

Muliono menjelaskan kejadian bencana angin puting beliung tersebut terjadi Jumat (8/7) sekitar pukul 18.00 Wib,akibat kejadian itu adanya korban jiwa Indah Lestari Beru Bangun (8) siswa kelas 2 sekolah dasar.

Dari pengumpulan data dilapangan korban Indah Lestari sedang memasukkan kambing milik orang tuanya bersama abangnya Sentosa Bangun (10) dimana saat itu sedang terjadi hujan deras dan angin kencang.

Saat korban sedang mengikat kambing difdalam kandang tiba-tiba angin puting beliung datang dan emnumbang pohon aren yang ada disekitar kandang kambing tersebut sehingga korban terjepit di kandang kambing. Tidak lama pohon aren yang satu lagi tumbang menimpa juga kandang kambing.

"Korban meninggal dunia ditempat kejadian sementara abang korban berhasil selamat," katanya.

Adapun rumah masyarakat yang mengalami kerusakan berat maupun ringan yaitu milik Suranta Ginting mengalami rusak berat tertmpa pohon kelapa yang tumbang, rumah Wagianto, Pulung Sitepu, Hasanuddin, Ngatino, Bela Sitepu mengalami rusak ringan seng atapnya rusak.

Muliono juga mengungkapkan korban yang meninggal dunia Indah Lestari Beru Bangun sudah dikebumikan dipemakaman umum setempat.

Ia juga menjelaskan bahwa lokasi kejadian itu berjarak 20 kilometer dari ibukota Kecamatan Kuala di salah satu daerah yang sangat terisolir di Kabupaten Langkat, sementara jalan menuju lokasi sangat rusak berat.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016