Baturaja (ANTARA News) - Puluhan pegawai negeri sipil di sejumlah satuan kerja perangkat daerah Pemkab Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan, Senin atau hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri kedapatan bolos.

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis bersama Wakilnya, Johan Anuar dan Sekda, Marwan Sobrie melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab setempat, ternyata masih ditemukan puluhan oknum PNS yang mangkir kerja atau memperpanjang masa liburan.

Pada sidak itu, Kuryana menyambangi RSUD dr Ibnu Soetowo Baturaja, Dinas Pertanian, Sekretariat DPRD dan PDAM OKU, sementara Johan fokus singgah ke kantor kecamatan dan kelurahan yang ada di Kecamatan Baturaja Barat dan Baturaja Timur.

Alhasil, ternyata meskipun sudah libur panjang selama sembilan hari, masih ada puluhan pegawai negeri sipil (PNS) dan honorer yang tidak masuk kerja dengan alasan cuti, kata Bupati.

Kondisi demikian, kata Kuryana, dimintakan kepada kepala SKPD agar menolak pengajuan cuti tersebut.

"Sudah libur sembilan hari, ternyata masih ada yang mengajukan cuti. Masih kurang apa liburnya. Pokoknya seluruh PNS dan honorer yang belum masuk kerja pada hari pertama ini apapun alasannya dianggap absen," kata Kuryana.

Bupati menegaskan, seluruh PNS dan honorer yang tidak masuk kerja pada hari pertama ini atau datang terlambat langsung dianggap alpa, kemudian diberi surat peringatan tanpa toleransi.

Menurut Kuryana, dalam waktu dekat pemerintah pusat akan melakukan pemangkasan terhadap PNS di seluruh Indonesia dengan jumlah sekitar 1 juta orang dan OKU sendiri belum tahu bakal kebagian berapa.

Untuk itu lanjut dia, guna menjaga disiplin PNS di OKU, maka mulai sekarang bagi yang malas bekerja akan dimasukkan ke dalam daftar hitam, sehingga kalau ada pangkasan dari pusat maka yang bersangkutan akan diusulkan untuk dipecat.

"Jadi tolong jangan anggap sepele masalah absensi ini," tegasnya.

Sebaliknya bagi PNS yang rajin kata Kuryana, sebagai pemimpin tidak segan akan mempromosikan pegawai yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi terhadap pekerjaannya.

Ia mengingatkan, contohlah TNI dan Polri, mereka sangat disiplin dalam menjalan tugas, seharusnya PNS sebagai pelayan masyarakat juga seperti itu dan jangan malas malasan ke kantor.

Pewarta: Edo Purmana*Muhammad Suparni
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016