BMKG memprediksi gelombang tinggi akan terjadi di perairan Selatan Jawa hingga Sumbawa termasuk di dalamnya pantai selatan Garut
Bandung (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengimbau masyarakat maupun wisatawan untuk mewaspadai gelombang tinggi di wilayah pantai setempat.

Berdasarkan perkiraan cuaca wilayah Selatan Jawa akan diguyur hujan lebat, kata Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan kepada wartawan di Garut, Selasa.

"BMKG memprediksi gelombang tinggi akan terjadi di perairan Selatan Jawa hingga Sumbawa termasuk di dalamnya pantai selatan Garut," katanya.

Ia menuturkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sepanjang Selatan Jawa hingga pulau Sumbawa akan diguyur hujan lebat disertai gelombang tinggi yang diperkirakan mencapai 2 hingga 4 meter.

Menurut dia, gelombang tinggi itu akan mengancam bahaya keselamatan masyarakat atau wisatawan yang berada di sekitar pantai selatan Jawa khususnya di Garut.

"Tinggi gelombang yang berkisar antara 2-4 meter cukup membahayakan masyarakat maupun wisatawan lain yang berada di sekitar lokasi-lokasi wisata," katanya.

Ia menyarankan masyarakat dan wisatawan untuk tidak berada dekat pantai selama belum berakhirnya bahaya perkiraan cuaca tersebut.

Ia menambahkan wisatawan untuk sementara tidak menginap di sekitar pantai karena khawatir akan diterjang gelombang lautan.

"Lebih baik menginap di lokasi yang agak jauh atau di titik aman yang tidak terjangkau gelombang air laut di ketinggian maksimal," katanya.

Larangan itu, kata Tubagus, berdasarkan pengalaman sebelumnya sejumlah penginapan di wilayah selatan Garut mengalami kerusakan akibat diterjang ombak.

"Kejadian sebelum Ramadhan, banjir rob akibat tingginya gelombang air laut menyebabkan sejumlah penginapan rusak jadi harus hati-hati," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016