Bandung (ANTARA News) - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam kampanya Malam Langit Gelap yaknin mematikan semua lampu pukul 20.00-21.00 WIB malam ini.

"Kampanye Malam Langit Gelap harus dilakukan karena terkait dengan kesehatan dan efisiensi energi. Adanya pengaturan lampu yang baik maka kita bisa menghemat energi," kata Astronom asal Bandung, Hendro Setyanto di Bandung, Sabtu.

Menurut dia, kampanye itu dilaksanakan untuk memperingati hari keantariksaan yang jatuh setiap tanggal 6 Agustus. Kegiatan itu memiliki semangat penting untuk menghemat energi dan menghindari polusi cahaya.

Polusi cahaya adalah hamburan cahaya lampu perkotaan yang menyebabkan langit tampak terang sehingga mengalahkan cahaya bintang.

Hendro menyatakan, saat ini banyak masyarakat yang menghamburkan energi dengan cara yang tidak tepat.

"Misalnya kita hanya butuh lampu 3 watt, bila pemasangannya tidak benar, maka kita harus memakai lampu 10 watt. Itu sudah keliru," katanya.

Hendro mengimbau untuk bijak dalam menggunakan energi untuk menghindari polusi cahaya. Pemakaian lampu dan pengaturan cahaya yang baik adalah penghematan energi yang luar biasa.

Khusus pada Sabtu malam, adanya Kampanye Langit Gelap juga bertujuan untuk melihat Galaksi Bima Sakti dengan ratusan miliar bintang membentang dari Utara ke Selatan.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016